Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan scientific approach di SDN Tulungrejo 01 Kota Batu / Andrianto Bagus Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan scientific approach di SDN Tulungrejo 01 Kota Batu / Andrianto Bagus Kurniawan

Kurniawan, Andrianto Bagus (2015) Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan scientific approach di SDN Tulungrejo 01 Kota Batu / Andrianto Bagus Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Andrianto Bagus. 2015. Pe1aksanaan Pembelajaran Tematik Dengan Scientific Approach Di SDN Tulungrejo 01 Kota Batu. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd (II) Dra. Murtiningsih S.Pd M.Pd. Kata kunci scientific approach pembelajaran tematik kurikulum 2013. Pembelajaran pada kurikulum 2013 adalah pembelajaran tematik dengan Scientific Approach. Konsep dasar Scientific Approach adalah terlaksananya langkah-langkah saintifik mengamati menanya mengumpulkan informasi mengolah informasi dan mengkomunikasikan.Guru wajib menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik secara keseluruhan. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik yang diterapkan di SDN Tulungrejo 01 Kota Batu. Penelitian ini bertujuan mengetahui persiapan pelaksanaan penilaian serta hambatan dalam pembelajaran tematik denganpendekatan saintifik di SDN Tulungrejo 01 Kota Batu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dengan Scientific Approach. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus karena fokus penelitian ini menjawab pertanyaan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik denganScientific Approach. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Analisis data dimulai dari mereduksi data menyajikan data dan menyimpulkan data. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tulungrejo 01 Kota Batu yang beralamatkan di Jalan Pangeran Diponegoro no 182 Kota Batu Propinsi Jawa Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Tulungrejo 01 Kota Batu adalah sekolah yang menerapkan pembelajaran tematik dengan Scientific Approach. SDN Tulungrejo 01 Kota Batu telah menerapkan langkah Scientific Approach mengamati menanya mengumpulkan informasi mengolah informasi dan mengkomunikasikan walaupun penerapannya tidak menyeluruh. Walaupun demikian dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dengan Scientific Approach SDN Tulungrejo 01 Kota Batu telah menerapkan langkah-langkah Scientific Approach secara maksimal. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa guru belum melaksanakan pembelajaran tematik dengan Scientific Approach secara utuh. Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan saran kepada guruagar dapat memahami dan menjalankan Scientific Approach secara keseluruhan untuk peningkatan kualitas sekolah serta dapat menggunakan langkah Scientific Approach sepenuhnya untuk menerapkan pembelajaran aktif kreatif efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item View Item