Pratika, Vindhy Dian Indah (2018) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berorientasi SSI (Sociosscientific Issues) terhadap pengetahuan epistemik, kepercayaan diri (self-efficacy), dan keterampilan argumentasi siswa pada materi Asam Basa / Vindhy Dian Indah Pratika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
1 RINGKASAN Pratika Vindhy Dian Indah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berorientasi SSI (Sociosscientific Issues) Terhadap Pengetahuan Epistemik Kepercayaan Diri (Self-Efficacy) dan Keterampilan Argumentasi Siswa Materi Asam Basa. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Sri Rahayu. M.Ed. Ph.D. (2) Dr. Fauziatul Fajaroh. M.S. Kata Kunci Learning cycle 5E SSI pengetahuan epistemik kepercayaan diri keterampilan argumentasi asam basa. Perkembangan sains dan IPTEK memberikan pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia seperti persaingan pada bidang sosial industri dan perkembangan kehidupan masyarakat secara global. Salah satu upaya untuk menyelaraskan perkembangan sains secara global yaitu dengan peningkatan kemampuan literasi sains. Tercapainya pengetahuan epistemik kepercayaan diri dan keterampilan argumentasi merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran sehingga diharapkan dapat membentuk masyarakat yang berliterasi sains dengan diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle 5E berorientasi SSI. Melalui pembelajaran tersebut siswa diharapkan mampu mengembangkan pengetahuannya membangun konsepnya mampu yakin dan percaya kepada dirinya sendiri dan mampu berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berorientasi SSI terhadap pengetahuan epistemik kepercayaan diri dan keterampilan argumentasi. Penelitian ini melihat perbandingan penerapan model pembelajaran pada kelas eksperimen II eksperimen I dan kelas kontrol. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian campuran (mixed-method) dengan embedded design dengan desain penelitian kuantitatif quasi experiment posttest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan di SMAN 1 Gondang Tulungagung dengan teknik convenience sampling sehingga diperoleh tiga kelas (n 109). Penelitian ini menggunakan 3 kelas dengan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berorientasi SSI eksperimen I dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas kontrol dibelajarkan dengan metode pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu intrumen perlakukan dan pengukuran. Penelitian ini dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan dengan instrumen yang digunakan dalam pembelajaran adalah silabus RPP dan LKS. Instrumen pengukurannya terdiri dari instrumen pengetahuan epistemik sebanyak 9 soal pilihan ganda keterampilan argumentasi banyak 2 soal uraian dan angket kepercayaan diri sebanyak 30 soal. Instrumen pengukuran yang digunakan memiliki nilai koefisien reliabilitas (r) dengan cronbach alpha 0 754 pada pengetahuan epistemik didapatkan 0 803 pada instrumen keterampilan argumentasi dan diperoleh 0 945 dan 0 954 pada dua instrumen kepercayaan diri. Peneliti melaksanakan pembelajaran untuk menerapkan perlakuan terhadap sampel penelitian memberikan tes dan mengumpulkan data sebagai hasil perlakuan dan pengukuran dalam penelitian. Data penelitian diperoleh dari jawaban tertulis terhadap tes pengetahuan epistemik sesuai kriteria kompetensi literasi sains angket kepercayaan diri dikatgorikan sesuai dengan skala likert dan tes keterampilan argumentasi dikategorikan sesuai tingkat argumentasi Toulmin. Data dari hasil penelitian kemudian dilakukan analisis statistik menggunakan uji ANOVA dengan LSD pada taraf signifikansi 95% ( 945 0 05). 2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan signifikan pengetahuan epistemik antara ketiga kelas penelitian dengan nilai tertinggi adalah kelas eksperimen II dibandingkan kelas eksperimen I dan kelas kontrol. 2) ada perbedaan signifikan kepercayaan diri antara ketiga kelas penelitian dengan nilai tertinggi adalah kelas eksperimen II dibandingkan kelas eksperimen I dan kelas kontrol. 3) ada perbedaan signifikan keterampilan argumentasi antara ketiga kelas penelitian dengan nilai tertinggi adalah kelas eksperimen II dibandingkan kelas eksperimen I dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kemampuan pengetahuan epistemik kepercayaan diri dan keterampilan argumentasi pada kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berorientasi SSI memiliki nilai yang unggul dibanding dengan kelas eksperimen I yang dibelajarankan dengan Learning Cycle 5E dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60199 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |