Pengaruh pembelajaran process oriented-guided inquiry learning berkonteks isu-isu sosiosaintifik dalam pembelajaran Asam Basa terhadap keterampilan berargumentasi siswa SMA / Arum Setyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran process oriented-guided inquiry learning berkonteks isu-isu sosiosaintifik dalam pembelajaran Asam Basa terhadap keterampilan berargumentasi siswa SMA / Arum Setyaningsih

Setyaningsih, Arum (2018) Pengaruh pembelajaran process oriented-guided inquiry learning berkonteks isu-isu sosiosaintifik dalam pembelajaran Asam Basa terhadap keterampilan berargumentasi siswa SMA / Arum Setyaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyaningsih Arum. 2018. Pengaruh Pembelajaran Process Oriented-Guided Inqury Learning Berkonteks Isu-Isu Sosiosaintifik dalam Pembelajaran Asam Basa Terhadap Keterampilan Berargumentasi Siswa SMA Kelas XI. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Sri Rahayu. M.Ed. Ph.D. (2) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh. M.S. Kata Kunci Process Oriented-Guided Inqury Learning Konteks Isu-Isu Sosiosaintifik Keterampilan Berargumentasi Asam Basa Keterampilan berargumentasi merupakan salah satu kompetensi literasi sains yang penting untuk dimiliki siswa. Salah satu cara mengembangkan keterampilan berargumentasi siswa SMA dilakukan melalui pembelajaran yang menekankan aspek konten dan proses serta mengintegrasikan konteks isu-isu sosiosaintifik pada materi asam basa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mewadahi kebutuhan tersebut adalah Process Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL). POGIL memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuannya secara mandiri dan memberikan ruang ideal bagi siswa untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan argumentasi dan penjelasan ilmiah sehingga dapat melatih keterampilan berargumentasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan keterampilan berargumentasi dan mengetahui kualitas argumentasi siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran POGIL berkonteks isu-isu sosiosaintifik POGIL dan verifikasi pada materi asam basa Rancangan penelitian mixed method dengan embededd design digunakan dalam penelitian ini. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan quasy experiment posttest-only design. Pengambilan sampel dilakukan di salah satu SMAN di kota Malang dengan menggunakan teknik convenience sampling dan diperoleh tiga kelas (n 101). Dua kelas bertindak sebagai kelas eksperimen masing-masing kelas eksperimen 1 yang menerapkan model POGIL berkonteks isu-isu sosiosaintifik kelas eksperimen 2 yang menerapkan model POGIL dan satu kelas bertindak sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran verifikasi. Data keterampilan berargumentasi siswa diperoleh dari argumentasi tertulis siswa pada tes keterampilan berargumentasi dengan menggunakan instrumen tes keterampilan berargumentasi (r 0 754). Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA satu jalur. Hasil uji ANOVA satu jalur secara umum menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai sig.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60197

Actions (login required)

View Item View Item