Analisis kesesuaian LKS matematik kelas IV tema 4 buku insan bermartabat dengan kurikulum 2013 di SDN Arjosari 1 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Novita Ayu Yuliansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian LKS matematik kelas IV tema 4 buku insan bermartabat dengan kurikulum 2013 di SDN Arjosari 1 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Novita Ayu Yuliansari

Yuliansari, Novita Ayu (2015) Analisis kesesuaian LKS matematik kelas IV tema 4 buku insan bermartabat dengan kurikulum 2013 di SDN Arjosari 1 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Novita Ayu Yuliansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliansari Novita Ayu. 2015. Analisis Kesesuaian LKS Tematik Kelas IV Tema 4 Buku Insan Bermartabat dengan Kurikulum 2013 di SDN Arjosari 1 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si (II) Dra. Sri Sugiharti M Pd. Kata kunci Analisis LKS Tematik Kesesuaian materi isi penilaian Berdasarkan hasil wawancara pada 2 Februari 2015 guru jarang melakukan analisis terhadap LKS yang akan digunakan. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Tematik merupakan salah satu bahan ajar alternatif pada kurikulum 2013 yang digunakan sebagai sarana mengaktifkan siswa. Perlu diadakan penelitian untuk mengetahui kualitas LKS Tematik. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut (1) Mendeskripsikan kesesuaian materi LKS Tematik dengan Kurikulum 2013 (2) Mendeskripsikan kesesuaian isi LKS Tematik dengan pendekatan saintifik (3) Mendeskripsikan kesesuaian isi LKS Tematik dengan syarat didaktik konstruksi dan teknis (4) Mendeskripsikan kesesuaian soal-soal LKS Tematik pada ranah kognitif afektif dan psikomotor Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rancangan analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Kerja Siswa Insan Bermartabat Kelas IV Tema 4 Berbagai Pekerjaan karangan Tim KKG Kota Malang. Data hasil analisis diperoleh dengan menggunakan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesuaian materi LKS Tematik dari 81 indikator hanya 30 indikator yang sesuai dengan standar isi Kurikulum 2013 (2) kesesuaian isi LKS Tematik dengan pendekatan saintifik tidak memenuhi 5 langkah pendekatan saintifik (3) kesesuaian isi LKS Tematik dengan syarat didaktik konstruksi dan teknis dari 23 syarat hanya 6 syarat yang sesuai (4) kesesuaian soal-soal LKS Tematik pada ranah kognitif afektif dan psikomotor terdapat 288 soal terdiri dari 285 soal kognitif 3 soal afektif dan tidak ada soal psikomotor. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan (1) materi yang terdapat dalam LKS Tematik tidak sesuai dengan standar isi kurikulum 2013 (2) isi LKS Tematik tidak sesuai dengan pendekatan saintifik (3) isi LKS Tematik tidak sesuai dengan syarat didaktik konstruksi dan teknis (4) soal dalam LKS Tematik lebih banyak pada soal kognitif sedikit soal afektif dan tidak ada soal psikomotor. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) penulis menelaah kurikulum agar tidak menyimpang dari standar isi guru menganalisis kelengkapan materi sebelum digunakan (2) penulis melengkapi langkah saintifik agar sesuai dengan kurikulum 2013 (3) penulis menyusun sesuai dengan syarat penyusunan LKS yang baik (4) penulis menelaah cara menyusun soal sesuai ranah kognitif afektif dan psikomotor secara merata guru menyeleksi soal pada LKS peneliti lain mengembangkan soal pada LKS berdasarkan taksonomi bloom.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6019

Actions (login required)

View Item View Item