Awaliyah, Nurratul (2017) Keefektifan Dual Situated Learning Model (DSLM) dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi hidrolisis garam / Nurratul Awaliyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurratul Awaliyah. 2017. Keefektifan Dual Situated Learning Model (DSLM) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Hidrolisis Garam Tesis. Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Subandi M.Si. (II) Dr. Suharti S.Pd. M.Si. Kata Kunci DSLM Hasil Belajar Hidrolisis Garam Hidrolisis garam merupakan salah satu materi Kimia Dasar II yang sulit untuk dipahami oleh pebelajar. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya persentase pebelajar yang belum mencapai ketuntasan belajar minimal. Kesulitan tersebut dapat disebabkan karena pebelajar tidak mampu memahami konsep-konsep hidrolisis yang bersifat abstrak. Berdasarkan penelitian ada beberapa miskonsepsi yang dialami pebelajar pada materi hidrolisis. Miskonsepsi harus segera ditangani agar tidak menyebabkan kesalahan pada materi berikutnya. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat mengatasi miskonsepsi sehingga mampu meningkatkan hasil belajar adalah model pembelajaran Dual Situated Learning Model (DSLM). Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) Keterlaksanaan proses pembelajaran DSLM dalam materi hidrolisis garam 2) Efektifitas model pembelajaran DSLM dalam meningkatkan hasil belajar pebelajar pada materi hidrolisis. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan studi kasus dengan subjek penelitian sekaligus sebagai populasi penelitian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan kimia yang mengambil kuliah Kimia Dasar II pada semester antara 2017. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan model pembelajaran DSLM. Data hasil penelitian berupa nilai pretes untuk mengetahui pemahaman awal pebelajar (sebelum perlakuan) dan nilai hasil belajar materi hidrolisis garam (setelah perlakuan) menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 17 soal. Hasil uji coba soal menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan memiliki validitas isi sebesar 93% dan koefisien reliabilitas yang dihitung menggunakan rumus Cronbach s Alpha berbantuan SPSS sebesar 0 702. Keefektifan DSLM dalam meningkatkan hasil belajar dilihat dari N-gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran DSLM terlaksana dengan baik berdasarkan rekaman LKM dengan rerata skor sebesar 94 2 2) Model pembelajaran DSLM efektif dalam meningkatkan hasil belajar dengan N-gain score yang diperoleh sebesar 0 4 dan termasuk kategori sedang (0 7 g 0 3)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60183 |
Actions (login required)
View Item |