Persepsi guru sekolah dasar terhadap evaluasi hasil belajar kurikulum 2013 se-gugus I Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo / Mokhammad Afif Al-Ayyubi

Al-Ayuubi, Mokhammad Afif (2015) Persepsi guru sekolah dasar terhadap evaluasi hasil belajar kurikulum 2013 se-gugus I Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo / Mokhammad Afif Al-Ayyubi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al-Ayyubi, Mokhammad Afif. 2015. Persepsi Guru Sekolah Dasar terhadap Evaluasi Hasil Belajar Kurikulum 2013 Se-gugus I Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Suharjo, MS, MA. (2) Drs. Tumardi. S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Persepsi guru sekolah dasar, evaluasi hasil belajar Kurikulum 2013. Pada pembelajaran Kurikulum 2013 menggunakan tematik terpadu, tahun 2015 ini sudah menerapkan Kurikulum 2013 tetapi dalam penerapan pembelajaran Kurikulum 2013 di lapangan seorang guru banyak mendapat kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi guru sekolah dasar terhadap evaluasi hasil belajar berbasis Kurikulum 2013 dalam kompetensi sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitaf. Populasi dalam penelitian ini guru-guru se-gugus I Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Pengambilan sampel 20 guru dari kelas I, II, IV, dan V, karena populasi sangat kecil maka semuanya diteliti sehingga penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling adalah teknik mengambil semua unsur anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan angkat, data di analisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pada aspek sikap sebanyak 23 dengan persentase 96,6%, memilih sangat setuju dan setuju terhadap penilaian antar teman. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru sudah mengerti tentang penilaian antar teman. Pada aspek pengetahuan sebanyak 21 dengan persentase 70%, memilih sangat setuju dan setuju terhadap penilaian tertulis. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru sudah dapat melaksanakan penilaian tertulis dengan benar. Sedangkan pada aspek keterampilan sebanyak 25 dengan persentase 83,3%, memilih sangat setuju dan setuju terhadap indikator penilaian portopolio. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian guru sudah mengerti cara membuat soal portopolio dengan benar. Bahwa guru sebagai pelaksana masih mengalami kebingunggan terhadap Kurikulum, maka perlu di lihat persepsi guru SDN segugus I Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo terhadap evaluasi hasil belajar peserta didik dalam aspek sikap (afektif) merupakan aspek yang paling sulit untuk dinilai karena memerlukan waktu yang cukup lama dalam pelaksanaannya, dan juga guru kurang memahami tentang konsep aspek sikap (afektif) peserta didik (taksonomi ranah sikap Bloom). Aspek pengetahuan (kognitif) lebih mudah untuk dinilai jika dibandingkan dengan penilaian pada aspek sikap. Penilaian pada aspek keterampilan (psikomotor) lebih mudah dilakukan karena dengan menggunakan tes lisan dan tulisan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6018

Actions (login required)

View Item View Item