Keefektifan learning cycle berbantuan internet dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X pada pembelajaran hidrokarbon / Bagus Adi Hermawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan learning cycle berbantuan internet dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X pada pembelajaran hidrokarbon / Bagus Adi Hermawan

Hermawan, Bagus Adi (2017) Keefektifan learning cycle berbantuan internet dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X pada pembelajaran hidrokarbon / Bagus Adi Hermawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hermawan Bagus Adi. 2017. Keefektifan Learning Cycle-6E Berbantuan Internet dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X pada Pembelajaran Hidrokarbon. Tesis Jurusan Kimia Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Surjani Wonorahardjo. Ph.D (II) Dr. Siti Marfuah M.Si. Kata kunci Keefektifan Internet Learning Cycle 6-E Hasil Belajar Kimia adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan alam (IPA) yang mempelajari segala sesutu tentang zat yang meliputi komposisi struktur zat perubahan zat hukum dan prinsip yang menjelaskan perubahannya serta konsep dan teori yang menjelaskannya. Oleh karena itu penerapan pembelajaran kimia perlu didasarkan pada karakteristik ilmu kimia itu sendiri. Ilmu kimia mengalami perkembangan yang cepat dan luas. Salah satu bagian dari ilmu kimia yang berkembang cepat dan luas adalah kimia organik. Kimia organik merupakan salah satu cabang ilmu kimia yang berkembang pesat karena aplikasinya yang terus bertambah dan aplikasinya dalam berbagai bidang. Kimia organik mulai dibelajarkan di tingkat SMA kelas X semester genap pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dengan topik materi hidrokarbon. Menurut hasil wawancara peneliti dengan guru pembelajaran hidrokabon selama ini dilakukan dengan dengan menfokuskan siswa pada studi refrensi dari buku. Namun seiring perkembangan tehnologi dan informasi siswa lebih memilih internet (seperti blog) karena dinilai praktis. Akan tetapi jika pembelajaran hanya dilakukan dengan menggunakan internet saja akan terlihat kelemahannya.Kelemahan pembelajaran berbasis internet salah satunya dapat menghilangkan aspek interaksi sosial dan pendidikannya. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan mengkombinasikan internet dengan model pembelajaran model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Penerapan pembelajaran kimia dengan memadukan internet dan Learning Cycle-6E diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui keefektifan dan pengaruh penggunaan internet dalam pembelajaran Learning Cycle 6E sehingga peneliti mengambil judul penelitian Keefektifan Learning Cycle-6E Berbantuan Internet dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X pada Pembelajaran Hidrokarbon . Penelitian ini menggunakan jenis rancangan semu (Quasy Experimental Design). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa siswi dari populasi SMAN 4 kota Kediri. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Cluster random sampling. Pada teknik tersebut sampel (siswa) yang telah terbagi kedalam kelas kelas secara merata kemudian dipilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol secara random. Hal tersebut dilakukan karena pada sekolah tersebut tidak ada kelas unggulan. Kelas eksperimen adalah kelas dengan menggunakan perlakuan yaitu kelas dengan model pembelajaran Learning Cycle 6E berbantuan internet sedangkan kelas kontrol disini adalah kelas yang diberikan pembelajaran dengan model Learning Cycle 6E tanpa menggunakan bantuan internet. Berdasarkan data hasil temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi hidrokarbon yang diajarkan menggunakan model Learning Cycle-6E berbantuan internet terbukti efektif hal tersebut ditinjau dari rata rata nilai sikap siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai rata rata yang sama dan memiliki kategori aktif Terjadinya perubahan kognitif siswa yang ditunjukkan kenaikan rata rata nilai kuis dan LDS kelas eksperimen yang lebih tinggi dibanding kelas kontrol dan nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu pembelajaran hidrokarbon juga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata rata siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. ABSTRACT Hermawan Bagus Adi. 2017. The Effectiveness of Learning Cycle-6E Supported by Internet and the Effects toward the Tenth Grade of Senior High School Students Achievements on Learning Hydrocarbon. Thesis. Study program of Chemistry. Post Graduate Study. State University of Malang. Advisor (I) Surjani Wonorahardjo. Ph.D (II) Dr. Siti Marfuah M.Si. Keywords the effectiveness Internet Learning Cycle 6-E Learning Result Chemistry is a part of Science that focus on the substance consists of composition structure changing rules the principle along with the changing and also concept and the explanation theories. Therefore the learning of chemistry has to be based on the characteristic of it. Chemistry has been improved fast and widely especially in organic chemistry. This is because the applications of organic chemistry are getting improved on many aspects. The hydrocarbon material is learnt in second semester in tenth grade of senior high school using kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) curriculum. Based on the interview with the teacher the learning hydrocarbon is focused on using the reference book however during the improvement of the technology and information the students tend to use internet (e.g. blog) because it is more practical. The learning of hydrocarbon is actually cannot be supported by the internet only because it will cause the weakness such as eliminating the social interaction and the education. The combination of internet and the suitable learning model based on the curriculum can be chosen as the alternative way in learning this subject. The implementation of the combination between internet and Learning Cycle-6E are expectedly improved the students achievements. Based on the background study the researcher wants to know the effectiveness and the effect of using the internet in Learning Cycle 6E so the researcher tries to analyze the effectiveness of Learning Cycle-6E supported by internet and the effects of it toward the tenth grade of senior high school students achievements on learning hydrocarbon. This study used Quasy Experimental Design. Then the subjects of this study were the tenth grade students of SMA 4 Kediri and the technique used was cluster random sampling. On this technique the sample/class (students) are divided randomly into two parts there are experimental and controller class. Experimental class will be treated using Learning Cycle 6E model supported by internet on the other side the controller class will be treated using Learning Cycle 6E model without internet supporting. Based on the result of the study it can be concluded that the learning of hydrocarbon material using Learning Cycle-6E model supported by Internet is effective it can be seen from the experimental students average scores and the controller students average scores are similar and categorized active. The changing of students cognitive shown in the experimental students average scores and LDS are higher than controller students scores. Moreover the experimental students gain scores are higher than controller students scores. Also the learning of hydrocarbon affects the students achievements and it is shown in the experimental students average scores which are higher than the controller students scores.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60177

Actions (login required)

View Item View Item