Pengaruh pembelajaran learning cycle 5E berbantuan e-scaffolding terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis mahasiwa pada materi unsur golongan 11 dan 12 / Yessita Puspaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran learning cycle 5E berbantuan e-scaffolding terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis mahasiwa pada materi unsur golongan 11 dan 12 / Yessita Puspaningrum

Puspaningrum, Yessita (2017) Pengaruh pembelajaran learning cycle 5E berbantuan e-scaffolding terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan berpikir kritis mahasiwa pada materi unsur golongan 11 dan 12 / Yessita Puspaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspaningrum Yessita. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan E-Scaffolding terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Unsur Golongan 11 dan 12. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D (II) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. Kata Kunci Learning Cycle 5E E-Scaffolding hasil belajar kognitif keterampilan berpikir kritis unsur golongan 11 dan 12 Materi unsur golongan 11 dan 12 memiliki karakteristik yang deskriptif dan informatif. Penggunaan model pembelajaran konvensional seperti yang dilakukan selama ini kurang sesuai dengan karakteristik materi tersebut sehingga menyebabkan mahasiswa kurang memahami konsep dan menyebabkan hasil belajar yang rendah. Keadaan ini diharapkan dapat diubah dengan melakukan perbaikan terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC-5E) yang terdiri dari 5 fase pembelajaran yakni 1) fase engagement 2) fase exploration 3) fase elaboration 4) fase explanation dan 5) fase evaluation. Pembelajaran ini dapat dibantu dengan menggunakan e-scaffolding berupa website yang dapat digunakan mahasiswa sebagai bantuan dalam memperoleh materi yang lebih banyak dan lengkap selain materi yang ada di dalam buku pegangan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E 2) mengetahui adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E 3) mengetahui adanya perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E 4) mengetahui adanya perbedaan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E 5) mengetahui adanya interaksi antara kemampuan awal mahasiswa dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa 6) mengetahui adanya interaksi antara kemampuan awal mahasiswa dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment Design dengan jenis faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya semester VI tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling karena seluruh populasi digunakan sebagai sampel sehingga didapatkan dua kelas yakni kelas pendidikan kimia A sebagai kelas eksperimen dan kelas pendidikan B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan (SAP dan LKM) dan instrumen pengukuran (soal tes hasil belajar kognitif dan soal tes hasil belajar keterampilan berpikir kritis). Hasil belajar kognitif diukur dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0 801. Hasil tes keterampilan berpikir kritis terdiri dari soal pilihan ganda dan essay yang saling berhubungan sebanyak 20 soal valid dengan reliabilitas 0 727. Teknik analisis data penelitian dilakukan dengan analisis statistik menggunakan uji ANOVA dengan signifikansi sebesar 0 05 untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E 2) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E 3) ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa dengan kemampuan awal tinggi dan kemmapuan awal rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E 4) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan kemampuan awal tinggi dan kemmapuan awal rendah yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E 5) tidak ada interaksi antara kemampuan awal mahasiswa dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa 6) tidak ada interaksi antara kemampuan awal mahasiswa dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan E-Scaffolding dan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. ABSTRAK Puspaningrum Yessita. 2017. The Influence Of E-Scaffolding-Supported Learning Cycle 5E Towards Undergraduate Students Cognitive Learning Outcomes and Critical Thinking Skill In Group 11 and 12 Chemical Elements Material. Thesis Study Program of Chemistry Education Postgraduate of State University of Malang. Advisors (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D (II) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. Keyword Learning Cycle 5E E-Scaffolding cognitive outcome critical thinking skill group 11 and 12 chemical elements material. The material elements of groups 11 and 12 have descriptive and informative characteristics. The use of conventional learning model as it is done so far is less suitable with the characteristics of the material. So that cause college students less understanding of concept and cause low learning result. This situation is expected to be changed by improving the learning process by applying the Learning Cycle 5E (LC-5E) learning model consisting of 5 learning phases 1) engagement phase 2) exploration phase 3) elaboration phase 4) phase Explanation and 5) phase evaluation. The presence of phases in this learning will assist students in constructing the concept. This learning can be assisted by using e-scaffolding in the form of website that can be used by students as an aid in obtaining more and complete material in addition to the material contained in the student handbook. The purpose of this research are 1) to know the difference of cognitive learning result of the students which is taught by the Learning Cycle 5E model with E-Scaffolding and Learning Cycle 5E learning model 2) to know the difference of critical thinking skill of students which is taught by Learning Cycle 5E Assisted E-Scaffolding and Learning Cycle 5E learning model 3) to know the difference of cognitive learning outcomes of students with high initial ability and low initial ability taught by Learning Cycle 5E model with E-Scaffolding and Learning Cycle 5E learning model 4) The existence of different students critical thinking skills with high initial ability and low initial ability taught by E-Scaffolding Learning Cycle 5E learning model and Learning Cycle 5E learning model 5) knowing the interaction between student s initial ability and m Odel Learning Cycle 5E with E-Scaffolding and Learning Cycle 5E learning model on student cognitive learning outcomes 6) to know the interaction between student s early ability with Learning Cycle 5E model with E-Scaffolding and Learning Cycle 5E learning model on critical thinking skill college student. The research design used is Quasy Experiment Design with 2x2 factorial type. The research population is all students of Universitas Negeri Surabaya semester VI academic year 2016/2017. Sampling was done by total sampling technique because the whole population was used as sample so that two classes of chemical education grade A as experiment class and class B as control class were obtained. The research instrument used was treatment instrument (SAP and LKM) and measurement instruments (test result of cognitive learning result and test result of critical thinking study). The cognitive learning outcomes were measured by multiple choice tests consisting of 20 valid questions and it has reliability 0 801. The critical thinking skills test consists of multiple choice questions and interrelated essays of 20 valid questions and it has reliability 0 727. Technique of data analysis of research done by statistic analysis using ANCOVA and ANOVA test with significance equal to 0 05 for hypothesis test. The result of the research shows that 1) there was differences of students cognitive learning outcomes learned by E-Scaffolding Learning Cycle 5E learning model and Learning Cycle 5E learning model 2) there was a difference of critical thinking skill of students which is taught by Learning Cycle 5E model with E- Scaffolding and Learning Cycle 5E learning model 3) there wa difference of cognitive learning result of students with high initial ability and low initial capability which is taught by Learning Cycle 5E model with E-Scaffolding and Learning Cycle 5E learning model 4) there was difference of critical thinking skill Students with high initial ability and low initial capability that is taught by E-Scaffolding Learning Cycle 5E learning model and Learning Cycle 5E learning model 5) There was no interaction between students initial ability with E-Scaffolding Learning Cycle 5E learning model and Learning Cycle 5E learning model on students cognitive learning outcomes 6) There was interaction between students initial capability with Learning Cycle 5E model with E-Scaffolding assisted and model Learning Cycle 5E learning towards students critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60176

Actions (login required)

View Item View Item