Efektivitas POGIL pada pembelajaran kesetimbangan kimia terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal berbeda / Ali Amirul Mu'minin - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas POGIL pada pembelajaran kesetimbangan kimia terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal berbeda / Ali Amirul Mu'minin

Mu'minin, Ali Amirul (2017) Efektivitas POGIL pada pembelajaran kesetimbangan kimia terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dengan kemampuan awal berbeda / Ali Amirul Mu'minin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mu minin Ali Amirul. 2017. Efektivitas POGIL pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dengan Kemampuan Awal Berbeda. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. (II) Dr. Suharti M.Si. Kata kunci kesetimbangan kimia POGIL keterampilan proses sains hasil belajar kemampuan awal Pembelajaran kesetimbangan kimia di SMK memiliki permasalahan dimana hasil belajar sebagian besar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan. Rendahnya hasil belajar tersebut dapat disebabkan oleh kurang relevannya model pembelajaran yang digunakan. Model POGIL (process oriented guided inquiry learning) adalah salah satu model pembelajaran yang relevan dengan proses dan tujuan pembelajaran kimia di SMK menurut kurikulum 2013. POGIL dapat mempengaruhi peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa. Proses dan hasil pembelajaran pada materi kesetimbangan kimia dapat dipengaruhi oleh kemampuan awal siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model POGIL pada pembelajaran kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Program Keahlian Kimia Industri tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran lembar kegiatan pembelajaran tes keterampilan proses sains dan tes kesetimbangan kimia dengan validitas masing-masing sebesar 90 6 92 5 96 7 dan 99 2% serta reliabilitas tes keterampilan proses sains dan kesetimbangan kimia masing-masing sebesar 0 607 dan 0 677. Data penelitian berupa skor pretest dan posttest keterampilan proses sains dan posttest kesetimbangan kimia. Analisis data menggunakan metode ANOVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Pertama peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada materi kesetimbangan kimia yang dibelajarkan dengan model POGIL lebih tinggi dibandingkan model ekspositori. Kedua peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan kemampuan awal rendah pada materi kesetimbangan kimia. Ketiga model POGIL dan kemampuan awal siswa mempunyai interaksi yang kuat dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60171

Actions (login required)

View Item View Item