Nikmaturohmah (2015) Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi tema 5 subtema 4 kelas II SDN Buring Kota Malang / Nikmaturohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nikmaturohmah 2015. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Tema 5 Subema 4 Kelas II SDN 1 Buring Kota Malang. Skirpsi jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri malang. Pembimbing (1) Dr. Suharjo M.S M.A (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata kunci model pembelajaran Picture and Picture menulis karangan narasi Berdasarkan hasil observasi yaitu wawancara awal dengan guru wali kelas II terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis karangan narasi yaitu siswa kesulitan dalam menemukan ide atau gagasan belum mampu mengembangkan paragraf dengan baik dan kurang termotivasi mengikuti pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan model pembelajaran Picture and Picture yang dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi di kelas II SDN 1 Buring Kota Malang dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model pembelajaran Picture and Picture di kelas II SDN 1 Buring Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pelaksanaan Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus 1 terdiri dari satu kali pertemuan siklus II satu kali pertemuan dan siklus III satu kali pertemuan. Subjek penelitianya adalah siswa kelas II yang berjumalh 39 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi tes tulis dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa pada setiap tahap. Pada studi pendahuluan nilai rata-rata siswa sebesar 67 siklus I sebesar 74 siklus II sebesar 76 siklus 2 sebesar 80. Presentase ketuntasan belajar siswa pada studi pendahuluan sebesar 54% siklus I sebesar 56% siklus II sebesar 74% siklus III sebesar 87%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran tentang menulis karangan narasi terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas II dalam menulis karangan narasi. Maka disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran menulis untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6017 |
Actions (login required)
View Item |