Pengaruh blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA pada pembelajaran konsep asam basa / Putri Noor Fitriah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA pada pembelajaran konsep asam basa / Putri Noor Fitriah

Fitriah, Putri Noor (2017) Pengaruh blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA pada pembelajaran konsep asam basa / Putri Noor Fitriah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriah Putri Noor. 2015. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI IPA pada Pembelajaran Konsep Asam-Basa. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Srini M. Iskandar M. Sc. Ph. D. (II) Dra. Sri Rahayu M. Ed. Ph. D. Kata-kata kunci blended learning motivasi belajar hasil belajar kognitif konsep asam-basa Salah satu topik dalam pembelajaran kimia di SMA dan MA adalah Asam-Basa. Topik ini berisi materi yang abstrak seperti ion H ion OH- dan pasangan elektron bebas serta konsep-konsep terdefinisi seperti konsep tentang asam dan basa berdasarkan Arrhenius Bronsted-Lowry dan Lewis. Adanya banyak definisi asam dan basa memberikan kerancuan pemahaman konsep Asam-Basa pada siswa. Kerancuan pemahaman ini memungkinkan timbulnya kesalahan konsep apabila berlangsung secara konsisten. Kerancuan pemahaman tersebut tampaknya dapat dikurangi apabila terjadi interaksi antar siswa dalam suatu diskusi selama kegiatan pembelajaran. Di samping itu melalui diskusi dimungkinkan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Model pembelajaran kooperatif STAD nampaknya tepat untuk meningkatkan interaksi antar siswa dalam diskusi. Persoalannya pelaksanaan model pembelajaran ini membutuhkan waktu yang lama sehingga interaksi tersebut tidak mungkin untuk dilakukan di dalam kelas. Interaksi ini dapat dilakukan dalam kegiatan di luar kelas dengan memanfaatkan TIK. Blended learning diharapkan dapat memenuhi tuntutan tersebut. Oleh karena itu model pembelajaran kooperatif STAD dipadu blended learning diharapkan efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya perbedaan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dipadu blended learning dan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD tanpa dipadu blended learning pada pembelajaran konsep Asam-Basa. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Malang tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 6 kelas yang homogen. Sampel penelitian adalah 2 kelas. Satu kelas terdiri dari 37 siswa dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning. Kelas yang lain terdiri dari 34 siswa dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD tanpa dipadu dengan blended learning. Data penelitian adalah data motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa. Data motivasi belajar diperoleh menggunakan angket model ARCS yang dikembangkan oleh John Keller diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Semua pernyataan dalam angket yang telah diterjemahkan memiliki kriteria valid dengan nilai koefisien relasi hitung lebih dari 0 32 dan koefisien reliabilitas dihitung dengan persamaan Cronbach s Alpha sebesar 0 91. Data hasil belajar kognitif siswa diperoleh melalui tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 item. Seluruh item dalam tes ini memiliki kriteria valid dengan nilai koefisien relasi hitung lebih dari 0 32 dan koefisien reliabilitas dihitung dengan persamaan Kuder Richardson 20 sebesar 0 78. Hasil penelitian menunjukkan pada pembelajaran konsep Asam-Basa (1) tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dipadu blended learning dan motivasi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD tanpa dipadu blended learning dan (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD dipadu blended learning dengan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD tanpa dipadu blended learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60166

Actions (login required)

View Item View Item