Efektivitas pembelajaran LC-5E untuk mengurangi kesalahan konsep reaksi redoks dan retensinya pada siswa SMA kelas X / Noni Asmarisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran LC-5E untuk mengurangi kesalahan konsep reaksi redoks dan retensinya pada siswa SMA kelas X / Noni Asmarisa

Asmarisa, Noni (2017) Efektivitas pembelajaran LC-5E untuk mengurangi kesalahan konsep reaksi redoks dan retensinya pada siswa SMA kelas X / Noni Asmarisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asmarisa Noni. 2017. Efektivitas Pembelajaran LC-5E untuk Mengurangi Kesalahan Konsep Reaksi Redoks dan Retensinya pada Siswa SMA Kelas X . Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Budiasih M.S (II) Dr. Suharti S.Pd M.Si. Kata Kunci LC 5E kesalahan konsep retensi redoks. Reaksi oksidasi-reduksi (redoks) merupakan salah satu konsep dasar ilmu kimia. Namun banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahaminya sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan konsep. Berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kesalahan konsep bisa diperbaiki dengan mengubah strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang bisa digunakan yaitu LC-5E. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan konsep siswa pada materi redoks (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran LC-5E dalam memperbaiki kesalahan konsep redoks dan (3) mengetahui retensinya setelah dilakukan perbaikan dengan model pembelajaran LC-5E. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pra-eksperimental. Penelitian deskriptif untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan konsep siswa pada materi redoks. Penelitian pra-eksperimental untuk melihat keefektifan model pembelajaran LC-5E dalam memperbaiki kesalahan konsep dan mengetahui retensinya. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah satu kelas siswa yang telah mendapatkan materi redoks yaitu kelas X IPA 1 SMA Al Muhafidzoh Blitar yang berjumlah 20 orang siswa. Data penelitian deskriptif didapatkan dengan menggunakan 15 soal tes diagnostik yang berupa pilihan ganda beralasan dengan validitas isi sebesar 97% dan nilai reliabilitas sebesar 0 934. Siswa dianggap salah konsep apabila terdapat konsistensi jawaban salah pada tes tulis. Retensi pemahaman konsep siswa dianalisis berdasarkan perbandingan jumlah soal yang dipahami siswa pada tes tunda dan post-test. Keefektifan model pembelajaran LC-5E dalam memperbaiki kesalahan konsep ditentukan berdasarkan persentase pengurangan kesalahan konsep dengan pembelajaran LC-5E hasil analisis uji-t dan hasil analisis retensi pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa memiliki 14 jenis kesalahaan konsep (2)model pembelajaran LC-5E efektif dalam memperbaiki kesalahan konsep siswa pada materi redoks dengan rata-rata pengurangan kesalahan konsep sebesar 78 78 % dari seluruh siswa (3) retensi pemahaman konsep siswa setelah dua minggu dari perbaikan menggunakan model pembelajaran LC-5E adalah 95 6% yang diklasifikasikan dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60165

Actions (login required)

View Item View Item