Efektivitas penggunaan bahan ajar laju reaksi dengan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA / Diah Purwaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan bahan ajar laju reaksi dengan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA / Diah Purwaningtyas

Purwaningtyas, Diah (2017) Efektivitas penggunaan bahan ajar laju reaksi dengan pendekatan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA / Diah Purwaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purwaningtyas Diah. 2017. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar Laju Reaksi Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D (2) Dr. Fariati M.Sc Kata kunci Bahan ajar laju reaksi SMA pendekatan inkuiri terbimbing kemampuan berpikir tingkat tinggi Pembelajaran kimia di SMA yang teoritis dan belum melibatkan siswa secara optimal dalam pembelajaran dapat menyebabkan minat motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Selain itu belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum nasional dan dapat memenuhi tuntutan ketercapaian kompetensi menyebabkan permasalahan pembelajaran kimia juga semakin kompleks. Salah satu usaha untuk mengatasinya adalah menyediakan bahan ajar kimia dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk (1) menghasilkan bahan ajar kimia materi laju reaksi dengan pendekatan inkuiri terbimbing untuk siswa SMA kelas XI IPA (2) menguji efektifitas bahan ajar hasil pengembangan dan (3) menguji peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui pembelajaran menggunakan bahan ajar laju reaksi dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D dari Thiagarajan et al (1974) yang terdiri empat tahap yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) dan penyebaran (desiminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Bahan ajar hasil pengembangan yang telah dinyatakan layak selanjutnya dilakukan uji efektifitas dengan menggunakan metode quasy experiment posttest only group design pada siswa kelas XI IPA. Instrumen postes berupa soal pilihan ganda telah dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai r sebesar 0 85. Indikator efektifitas dilihat dari uji t hasil postes kedua kelas dan skor hasil postes untuk soal pada tingkat C4 (analisis) C5 (sintesis) dan C6 (evaluasi) ranah kognitif taksonomi Bloom. Hasil pengembangan bahan ajar dengan pendekatan inkuiri terbimbing terdiri dari buku guru dan buku siswa yang mencakup empat kegiatan pembelajaran glosarium uji kompetensi dan kunci jawaban. Setiap kegiatan pembelajaran menggunakan tahapan inkuiri terbimbing. Penilaian kelayakan oleh ahli isi/materi dinyatakan sangat layak dengan skor 88 75% untuk buku guru dan 92 50% untuk buku siswa dan penilaian oleh ahli media pembelajaran juga sangat layak dengan skor 86 7% untuk buku guru dan 87 5% untuk buku siswa. Uji keterbacaan buku siswa diperoleh skor 92 27% (sangat layak). Hasil uji efektifitas melalui uji t dengan menggunakan independent sample t test memberikan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0 032 0 05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ini berarti bahan ajar hasil pengembangan lebih efektif dibandingkan dengan bahan ajar yang digunakan pada kelas kontrol. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat yang ditunjukkan dengan jumlah siswa yang dapat menjawab soal dengan tingkat analisis sintesis dan analisis pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60160

Actions (login required)

View Item View Item