Pengaruh pembelajaran laju reaksi dengan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif terhadap pengetahuan prosedural, epistemik dan isi di SMA / Ahmad Fardan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran laju reaksi dengan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif terhadap pengetahuan prosedural, epistemik dan isi di SMA / Ahmad Fardan

Fardan, Ahmad (2017) Pengaruh pembelajaran laju reaksi dengan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif terhadap pengetahuan prosedural, epistemik dan isi di SMA / Ahmad Fardan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fardan Ahmad. 2017. Pengaruh Pembelajaran Laju Reaksi dengan Pendekatan Inkuiri-Eksplisit Reflektif Terhadap Pengetahuan Prosedural Epistemik dan Isi Di SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Yahmin M.Si. Kata Kunci Inkuiri-eksplisit reflektif prosedural epistemik isi. Perkembangan bidang sains dan teknologiyang sangat pesat membawa perubahan besar dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Namun perkembangan tersebut dapat menyebabkan permasalahan baru yang pemecahannya tidak sederhana sehingga memerlukan keterlibatan masyarakat yang berliterasi sains. Oleh karena itu terbentuknya masyarakat berliterasi sains merupakan salah satu tujuan pembelajaran sains di sekolah. Pengetahuan prosedural epistemik dan isi merupakan faktor yang berperan dalam mengembangkan literasi sains. Pengetahuan tersebut dapat diajarkan melalui pembelajaran menggunakan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif. Melalui karakteristik dan tahapan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif siswa memperoleh pengetahuan konsep keterampilan proses ilmiah dan memainkan pernan penting dalam proses membangun pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif terhadap pengetahuan pengetahuan prosedural pengetahuan epistemik dan pengetahuan isi siswa pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experimentalpretest and posttest designs dengan dua kelas penelitian yang dipilih dengan teknik convenience sampling. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif kelas kontrol dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri. Instrumen pengukuran literasi sains materi laju reaksiberupa soal pilihan ganda yang memiliki reliabilitas tinggi dengan nilai koefisien reliabilitas (r) 0 761. Instrumen pengukuran pengetahuan literasi sains materi laju reaksi terdiri dari pengetahuan prosedural epistemik dan isidengan nilai koefisien reliabilitas (r) berturut-turut0 644 0 570 dan 0 601. Data pengetahuan prosedural epistemik dan isi diperoleh dari hasil pretes dan postes selanjutnya dianalisis statistik menggunakan uji ANCOVA pada taraf signifikansi 95% ( 945 0 05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan signifikan pengetahuan prosedural antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri pada materi laju reaksi. (2) ada perbedaan signifikan pengetahuan epistemik antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri pada materi laju reaksi. (3) ada perbedaan signifikan pengetahuanisi antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri-eksplisit reflektif dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri pada materi laju reaksi. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60157

Actions (login required)

View Item View Item