Efektivitas penggunaan media WA (WhatsApp) pada pembelajaran dengan model problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif dalam materi stoikiometri kelas X / Safi'isrofiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan media WA (WhatsApp) pada pembelajaran dengan model problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif dalam materi stoikiometri kelas X / Safi'isrofiyah

Safi'isrofiyah (2017) Efektivitas penggunaan media WA (WhatsApp) pada pembelajaran dengan model problem posing terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif dalam materi stoikiometri kelas X / Safi'isrofiyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Isrofiyah Safi . 2017. Efektivitas Penggunaan Media WA (WhatsApp) pada Pembelajaran Dengan Model Problem Posing terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Dalam Materi Stoikiometri Kelas X. Tesis Prodi S2. Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S (2) Dra. Surjani Wonoraharjo Ph.D Kata-kata kunci Stoikiometri Problem Posing WhatsApp Motivasi Hasil Belajar Kognitif Materi stoikiometri memiliki karakteristik perpaduan konsep dan algoritmik. Hal ini membuat siswa kurang begitu tertarik terhadap materi stoikiometri. Banyak konsep yang harus dipelajari siswa dalam memahami materi stoikiometri seperti materi massa atom relatif (Ar) dan massa molekul relatif (Mr) persamaan reaksi hukum-hukum dasar kimia konsep mol dan kadar zat serta perhitungan kimia. Pembelajaran yang monoton membuat siswa kurang termotivasi untuk mempelajari materi stoikiometri lebih dalam sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan masih banyak siswa yang mendapatkan nilai materi stoikiometri dibawah KKM. Oleh karena itu siswa membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik stoikiometri. Model pembelajaran yang sesuai adalah Problem Posing. Model pembelajaran Problem Posing menuntut siswa untuk mampu membuat soal beserta jawabannya. Alokasi waktu pembelajaran di kelas masih kurang sehingga digunakan media jejaring sosial WhatsApp. Media WhatsApp memungkinkan sebagai media pembelajaran dengan membentuk diskusi antara siswa dengan guru tanpa terhalang ruang dan waktu. Integrasi model pembelajaran Problem Posing menggunakan WhatsApp pada materi stoikiometri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif. Rancangan penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) tipe post-test only control group design untuk hasil belajar kognitif dan tipe pre-post control group design untuk motivasi. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model Problem Posing berbantuan WhatsApp dan kelas kontrol dengan model Problem Posing. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA NEGERI 1 PACIRAN yang berjumlah 223 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel diambil secara acak dari populasi yang relatif sama kemampuannya kelas yang terpilih adalah kelas X-3 sebagai kelas kontrol dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi angket motivasi dan soal post tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui proses keterlaksanan pembelajaran materi stoikiometri pada kelas PP dan kelas PP-WA. Angket motivasi digunakan untuk mengukur motivasi awal siswa sebelum diberi perlakuan dan motivasi akhir siswa setelah diberi perlakuan. Soal post tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa setelah rangkain materi selesai dibelajarkan pada kelas PP dan kelas PP-WA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran pada materi stoikiometri dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing berbantuan WhatsApp lebih baik dari pada model Problem Posing. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada kelas PP-WA sebesar 87 24% sedangkan kelas PP sebesar 82 03%. (2) terdapat perbedaan motivasi antara kelas yang siswa nya dibelajarkan dengan model Problem posing berbantukan WhatsApp dengan kelas yang siswanya dibelajarkan dengan model Problem Posing. Nilai rata-rata skor motivasi akhir pada siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Posing berbantuan WhatsApp (kelas eksperimen) adalah 79 67 dan nilai rata-rata skor motivasi akhir pada siswa yang dibelajarkan dengan Problem Posing (kelas kontrol) adalah 73 89. (3) Terdapat perbedaan hasil kognitif pada siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Posing berbantukan WhatsApp dengan hasil kognitif pada siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Posing. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Posing berbantukan WhatsApp (kelas eksperimen) adalah 79 25 dan nilai rata-rata hasil belajar kognitif pada siswa yang dibelajarkan dengan Problem Posing (kelas kontrol) adalah 71 74.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60156

Actions (login required)

View Item View Item