Pengembangan bahan ajar kimia polimer berbasis pendekatan saintifik pada SMK Teknik Elektronika Industri / Taufan Hadi Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kimia polimer berbasis pendekatan saintifik pada SMK Teknik Elektronika Industri / Taufan Hadi Susanto

Susanto, Taufan Hadi (2017) Pengembangan bahan ajar kimia polimer berbasis pendekatan saintifik pada SMK Teknik Elektronika Industri / Taufan Hadi Susanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanto Taufan Hadi. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Polimer Berbasis Pendekatan Saintifik Pada SMK Teknik Elektronika Industri. Tesis Prodi S2 pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Subandi M.Si. (2) Dr. Munzil M.Si. Kata Kunci Bahan Ajar Pendekatan Saintifik Kimia Polimer Penyajian bahan ajar kimia SMK selama ini dipandang kurang relevan dengan kurikulum 2013. Bahan ajar kimia SMK masih bersifat informatif dan kurang melatihkan siswa melakukan keterampilan proses saintifik. Bahan ajar kimia yang ada juga kurang memberikan kontribusi terhadapa penguatan konsep pada materi pelajaran produktif SMK. Keterbatasan ini diduga menjadi salah satu penyebab rendahnya minat siswa SMK mempelajari ilmu kimia sehingga prestasi belajar kimia siswa SMK cenderung rendah. Salah satu upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran Kimia di SMKadalah dengan mengembangkan bahan ajar kimia yang relevan dengan kurikulum 2013 dan terintegrasi dengan materi produktif SMK. Tujuan Penelitian dan pengembagan bahan ajar ini adalah untuk menghasilkan bahan ajarkimia yang layak dan efektif sehinggabisadiaplikasikanpadapembelajarankimia SMK khususnya SMK Program KeahlianTeknikElektronikaIndustri. Metode Penelitian dan pengembangan bahan ajar menggunakan metode Research and Development (R D) dari Borg and Gallyang oleh Sukmadinatadikelompokkanmenjadi 3 tahapan yaitu studi pendahuluan tahap pengembangan dan tahap uji efektifitas. Studi pendahuluan dilakukan dengan studi literatur dan studi lapangan. Tahap pengembangan dilakukan dengan membuat draft bahan ajar dan dilakukan validasi untuk mendapatkan masukan dari para validator. Tahapakhir adalah tahap uji efektifitas dengan menggunakan bahan ajar dalam proses pembelajaran yang nantinya keefektifan diukur dari nilai rerataposttest siswa. Penelitian dilakukan di SMKN 3 Bondowoso Program Keahlian Teknik Elektronika Industri kelas XI. Sampel penelitian merupakan sampel total yang terdiri dari Kelas TEI 1 sebagai kelas kontrol dan TEI 2 sebagai Kelas Eksperimen. HasilPengembanganbahan ajar berupabuku guru danbukusiswa yang menyajikanurutankontenberupaprapendahuluan pendahuluan kegiatanpembelajaran rangkuman tugasmandiri ujikompetensi danglosarium.Padabahan ajar terdiridari 4 kegiatanpembelajarandimanapadasetiapawalkegiatanpembelajaranterdapattujuandanrencanapembelajaran.Uraianmateridalamkegiatanpembelajarandikemasmenggunakanpendekatansaintifikdengan 5M yaitumengamati menanya mengeksplorasi menalardanmengomunikasikan.Berdasarkan hasiluji kelayakan diperoleh nilai untuk validasi ahli isi 87 5 % dan ahli media 88 6% sehingga bahan ajar hasil pengembangan dikategorikan sangat layak. Dari hasil uji keterbacaan oleh pengguna guru dan siswa memberikan rerata nilai 87 7% yang berarti sangat layak. Berdasarkan hasil uji efektifitas yang diukur dari nilai rerata posttestmemberikan hasil 73 72 untuk kelas eksperimen lebih tinggi dari rerata nilai posttestkelas kontrol 63 46 dan Persentase pencapaian KKM kelas eksperimen adalah 88 66% dan kelas kontrol 55 46%.Analisis statistik dengan uji t memberikan hasil signifikansi 0 002 0 05 sehingga ada beda antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisa respon siswa kelas eksperimen terhadap pembelajaran menggunakan bahan ajar hasil pengembangan memberikan hasil 79 31% yang berarti positif sehingga bahan ajar hasil pengembangan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran kimia polimer di SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60154

Actions (login required)

View Item View Item