Pengembangan bahan ajar ikatan kimia dengan strategi Prerdiksi-Observasi-Penjelasan (POE) / Ayu Endarti Kusumaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar ikatan kimia dengan strategi Prerdiksi-Observasi-Penjelasan (POE) / Ayu Endarti Kusumaningtyas

Kusumaningtyas, Ayu Endarti (2017) Pengembangan bahan ajar ikatan kimia dengan strategi Prerdiksi-Observasi-Penjelasan (POE) / Ayu Endarti Kusumaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaningtyas Ayu Endarti. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Ikatan Kimia dengan Strategi Prediksi-Observasi-Penjelasan (POE). Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Suhadi Ibnu. M.A. Ph.D. (II) Dr. Fariati M.Sc. Kata Kunci Bahan Ajar Ikatan Kimia Strategi POE. Ikatan kimia adalah salah satu bahan kajian yang diajarkan di amtakuliah Kimia Dasar I jurusan Kimia FMIPA UM. Agar peserta didik dapat memahami konsep ikatan kimia diperlukan pemahaman tentang tiga level representasi karena ikatan kimia bersifat abstrak. Pemahaman konsep prasyarat yang benar juga diperlukan karena sifat ilmu kimia yang berjenjang. Karakteristik yang bersifat abstrak dan konsep yang berjenjang menjadikan peserta didik mengalami kesalahan konsep ikatan kimia. Ikatan kimia penting untuk dipahami agar tidak timbul kesalahan konsep pada materi kimia selanjutnya. Kesalahan konsep diatasi dengan pemberian pembelajaran yang konstruktivistik dan ketersediaan bahan ajar yang sesuai. Strategi POE merupakan salah satu pembelajaran konstruktivistik yang dapat mengatasi kesulitan belajar dan kesalahan konsep.Penerapan strategi POE yang diintegrasikan dalam bahan ajar memudahkan peserta didik untuk belajar secara mandiri. Bahan ajar merupakan komponen penting penunjang proses pembelajaran yang perlu diperhatikan karena kedalaman dan keluasan tiap-tiap bahan ajar belum tentu sesuai dengan kebutuhanpeserta didik.Ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan strategi POE dapat mengatasi kesulitan belajar dan kesalahan konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar ikatan kimia dengan strategi POE untuk mahasiswa Kimia Dasar I semester I Jurusan Kimia-FMIPA-UM. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian 4D Thiagarajan.Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I jurusan Kimia-FMIPA-UM tahun ajaran 2016/2017sejumlah 69 mahasiswa ditentukan berdasarkan saran dosen.Hasil validasimenunjukkan bahwa intrumen pengukuran valid dan reliabel. Kesalahan konsep diperoleh dari jawaban salah dengan konsep sama pada soal yang berbeda yang dipilih oleh lebih dari 20% peserta didik. Keefektifan bahan ajar ikatan kimiadilihat dariN-gains scoredan persentase ketuntasan kelas lebih dari sama dengan 75%. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Hasil validasi ahli sebesar 98 66% dengan kriteria sangat layak sedangkan uji keterbacaan untuk kelompok atasdan tengah adalah 85 43% dan 77 43% dengan kriteria sangat terbaca dan68 75% untuk kelompok bawah dengan kriteria terbaca (2) Keefektifan bahan ajar ikatan kimia dengan strategi POE dibuktikan dengan nilai perolehan ternormalisasi untuk kelompok atasdan tengah sebesar 0 64dan 0 41 dengan tingkat keefektifan sedang dan 0 29 kelompok bawah dengan tingkat keefektifan rendah serta persentase ketuntasan kelas senilai 75 36% (3) Pengurangan persentase jawaban salah (PJS) dengan kategori efektif untuk kelompok atassebesar 65 24% dan 46 57% untuk kelompok tengah dan 33 20% untuk kelompok bawah dengan kategori kurang efektif dan (4) Menghilangkan tiga kesalahan konsep pada kelompok atas dan dua kesalahn konsep pada kelompok tengah tengah serta mengurangi lima kesalahan konsep pada kelompok bawah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60152

Actions (login required)

View Item View Item