Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan verifikasi terhadap hasil belajar bentuk molekul pada siswa dengan kemampuan pandang ruang yang berbeda / Nur SaÔÇÖadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan verifikasi terhadap hasil belajar bentuk molekul pada siswa dengan kemampuan pandang ruang yang berbeda / Nur SaÔÇÖadah

SaÔÇÖadah, Nur (2017) Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan verifikasi terhadap hasil belajar bentuk molekul pada siswa dengan kemampuan pandang ruang yang berbeda / Nur SaÔÇÖadah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sa adah Nur. 2016. Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terbimbing dan Verifikasi terhadap Hasil Belajar Bentuk Molekul pada Siswa dengan Kemampuan Pandang Ruang yang Berbeda. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. H. Effendy M.Pd Ph.D (2) Prof. H. Suhadi Ibnu MA Ph.D. Kata-kata kunci pendekatan inkuiri terbimbing pendekatan verifikasi kemampuan pandang ruang hasil belajar. Bentuk molekul merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh siswa SMA. Materi ini bersifat abstrak. Untuk memahami materi bentuk molekul diperlukan kemampuan pandang ruang. Persoalannya hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pandang ruang siswa SMA cenderung rendah sehingga berpotensi untuk timbulnya kesulitan pada siswa yang mempelajari materi tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan pendekatan yang tepat. Inkuiri terbimbing yang menganut paham konstruktivisme di mana siswa membangun sendiri kemampuannya melalui proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah diperkirakan merupakan pendekatan yang memenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah terdapat perbedaan hasil belajar pada materi bentuk molekul antara siswa yang diajar dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan verifikasi (2) apakah perbedaan kemampuan pandang ruang siswa berpengaruh terhadap hasil belajarnya dan (3) apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan kemampuan pandang ruang siswa. Penelitian ini termasuk eksperimen semu menggunakan desain faktorial 2 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Situbondo yang berjumlah 295 siswa dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri atas 58 siswa yang terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama (29 siswa) dibelajarkan dengan pendekatan inkuiri terbimbing kelompok kedua (29 siswa) dibelajarkan dengan pendekatan verifikasi. Data penelitian adalah kemampuan pandang ruang siswa dan data hasil belajar. Data kemampuan pandang ruang siswa dikumpulkan menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Lembaga Psychology Center Universitas Negeri Malang. instrumen ini memiliki koefisien reliabilitas diukur dengan Kuder-Richardson 20 sebesar 0 69. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan tes yang disusun oleh peneliti. Tes ini terdiri dari 35 item dengan validitas isi sebesar 100% dan koefisien reliabilitas diukur menggunakan Kuder-Richardson 20 sebesar 0 74. Data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan statistik uji Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan inkuiri terbimbing lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan verifikasi (2) hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan pandang ruang tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan pandang ruang rendah (3) tidak ada interaksi antara cara pembelajaran dengan kemampuan pandang ruang siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60150

Actions (login required)

View Item View Item