Pengembangan media pembelajaran CD interaktif materi kenampakan permukaan bumi untuk siswa kelas III SDN Panggungrejo IV Kepanjen / Nisfatul Istiqomah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran CD interaktif materi kenampakan permukaan bumi untuk siswa kelas III SDN Panggungrejo IV Kepanjen / Nisfatul Istiqomah

Istiqomah, Nisfatul (2015) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif materi kenampakan permukaan bumi untuk siswa kelas III SDN Panggungrejo IV Kepanjen / Nisfatul Istiqomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Istiqomah Nisfatul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Kenampakan Permukaan Bumi untuk Siswa Kelas III SDN Panggungrejo IV Kepanjen Kabupaten Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Made Suardana S.Pd M.Pd. (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata kunci Media Pembelajaran CD interaktif Kenampakan Permukaan Bumi. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) muncul media berbasis komputer yaitu multimedia interaktif. Media interaktif cukup efektif untuk mengajarkan materi yang bersifat abstrak dan juga dapat menggantikan objek yang sulit dihadirkan di dalam kelas. Salah satunya pada mata pelajaran IPA materi kenampakan permukaan bumi. Guru mengaku mengalami kesulitan menghadirkan media nyata di dalam kelas. Berpijak dari hal tersebut maka perlu dikembangkan suatu media pembelajaran CD interaktif untuk kelas III. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran CD interaktif yang layak menurut ahli materi ahli media ahli lapangan dan siswa sehingga media pembelajaran CD interaktif dapat digunakan. Media pembelajaran CD interaktif merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan perangkat komputer. Dalam penyajian media pembelajaran CD interaktif materi kenampakan permukaan bumi menggunakan model penyajian media tutorial. Dalam pengembangan media pembelajaran materi disajikan dalam bentuk unit-unit kecil kemudian disertai pertanyaan guna mengukur kemampuan siswa setelah memanfaatkan media CD interaktif. Model yang digunakan adalah adaptasi dari model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Validasi media dilakukan oleh satu orang dosen media KSDP 1 orang dosen IPA 1 orang guru dan uji coba kelompok kecil (10 siswa) serta uji coba kelompok besar (20 siswa). Instrumen pengumpulan datanya adalah angket dan lembar kerja siswa. Data yang diperoleh berupa data numerik dan verbal. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis rata-rata dan persentase. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran CD interakti materi kenampakan. Validasi oleh ahli materi mendapat hasil 90 86% oleh ahli media 91 67% oleh ahli lapangan sebesar 90 54%. Uji coba kelompok kecil sebesar 91 33% dan uji coba kelompok besar sebesar 92 68% serta nilai rata-rata sebesar 89 6. Hal ini semakin memperkuat bahwa media pembelajaran CD interaktif kenampakan permukaan bumi yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi sangat layak dan siap diimplementasikan. Pada uji coba kelompok kecil maupun besar siswa merasa termotivasi untuk belajar materi kenampakan permukaan bumi. Maka dari itu disarankan kepada guru dan siswa menggunakannya dalam pembelajaran sehingga diharapkan dapat tercetak generasi penerus bangsa yang kompeten handal dan melek teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6015

Actions (login required)

View Item View Item