Efektivitas pembelajaran blended learning berbasis Community Of Inquiry (COI) terhadap hasil belajar kognitif dan persepsi mahasiswa pada matakuliah pemisahan kimia pokok bahasan kromatografi / Agita Dzulhajh Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran blended learning berbasis Community Of Inquiry (COI) terhadap hasil belajar kognitif dan persepsi mahasiswa pada matakuliah pemisahan kimia pokok bahasan kromatografi / Agita Dzulhajh Anggraini

Anggraini, Agita Dzulhajh (2017) Efektivitas pembelajaran blended learning berbasis Community Of Inquiry (COI) terhadap hasil belajar kognitif dan persepsi mahasiswa pada matakuliah pemisahan kimia pokok bahasan kromatografi / Agita Dzulhajh Anggraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraini Agita Dzulhajh. 2016. Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Berbasis Community of Inqury (CoI) terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Persepsi Mahasiswa pada Mata Kuliah Pemisahan Kimia Pokok Bahasan Kromatografi. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascarsarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. (2) Dr. H. Yudhi Utomo M.Si. Kata kunci Blended Learning Community of Inquiry Hasil Belajar Kognitif Persepsi Mahasiswa Kromatografi Kesulitan dalam memahami pokok bahasan kromatografi adalah karena kromatografi memiliki konsep yang abstrak. Selain itu pokok bahasan kromatografi juga memiliki cakupan materi yang luas. Pemanfaatkan teknologi internet dapat dilakukan dalam proses pembelajaran. Melalui pemanfaatan teknologi internet mahasiswa dapat menemukan berbagai macam sumber belajar berupa gambar video dan animasi yang dapat membantu mahasiswa memvisualisasikan konsep abstrak. Dalam memahami pokok bahasan kromatografi dapat dilakukan dengan membentuk suatu kelompok belajar dalam pertemuan tatap muka maupun pertemuan online.Sayangnya pembelajaran di perguruan tinggi masih sering dilakukan hanya dengan pertemuan tatap muka di kelas dan berpusat pada dosen. Pembelajaran tatap muka memiliki keterbatasan waktu dan keterbatasan interaksi antara dosen dengan individu mahasiswa. Pembelajaran yang berpusat pada dosen juga memungkinkan mahasiswa tidak aktif di kelas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi mahasiswa adalah dengan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi internet atau pembelajaran online. Salah satu pembelajaran online yang dapat diterapkan adalah blended learning berbasis Community of Inquiry (CoI).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kualitas proses pembelajaran blended learning berbasis CoI 2) efektivitas pembelajaran blended learning berbasis CoI terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa 3) persepsi mahasiswa terhadap permbelajaran blended learning berbasis CoI. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah 29 orang mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang yang mengambil matakuliah Pemisahan Kimia. Instrumen perlakuan berupa silabus RPP LKM latihan soal online asynchronousdan media pembelajaran online. Instrumen pengukuran berupa soal tes hasil belajar kognitif (soal pretest-posttest) angket persepsi lembar observasi partisipasi mahasiswa dan lembar observasi kualitas proses pembelajaran blended learning berbasis CoI. Soal pretest-posttestberupa tes objektif yang berjumlah 30 soal dengan 5 pilihan jawaban dengan reliabilitas 0 745. Angket persepsi berjumlah 34 item pernyataan dengan reliabilitas 0 883. Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui perhitungan nilai ternormalisasi rata-rata (gain score) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kualitas proses pembelajaran blended learning berbasis CoI pada pokok bahasan kromatografi berjalan dengan kriteria baik yang ditunjukkan dengan konsistensi chat bermakna pada tahapan pemicu konsistensi jumlah sumber belajar yang digunakan dan konsistensi chatbermakna pada tahapan eksplorasi konsistensi chatbermakna pada tahapan integrasi sedangkan pada tahapan aplikasi kualitas proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik yang ditandai dengan adanya beberapa mahasiswa yang tidak melakukan chat bermakna pada tahapan ini. 2) Efektivitas pembelajaran blended learning berbasis CoI terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada pokok bahasan kromatografi dengan gain score 0 56 yang termasuk kriteria sedang. 3) Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran blended learning berbasis CoI adalah netral. Adanya persepsi netral dari mahasiswa menunjukkan bahwa komunitas inkuiri dalam pembelajaran sudah mulai terbentuk walaupun belum berjalan maksimal dikarenakan mahasiswa belum merasakan sepenuhnya kehadiran sosial dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 02:03
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60148

Actions (login required)

View Item View Item