Manafe, Heru Elisa (2017) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 6E-think pair share terhadap kualitas proses belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Heru Elisa Manafe. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Manafe Heru Elisa . 2016. Pengaruh Model PembelajaranLearning Cycle 6 E-Think Pair ShareterhadapKualitas Proses BelajardanHasilBelajarKognitifPesertaDidikdenganKemampuanAwalBerbedapadaMateriKelarutandanHasil Kali Kelarutan. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Prof. SuhadiIbnu M.A. Ph.D. (II). Dr. FauziatulFajaroh M.Si Kata kunci hasilbelajarkognitif kualitas proses belajar kemampuanawal LearningCycle 6 E-ThinkPairShare kelarutan hasil kali kelarutan. Kelarutandanhasil kali kelarutanmerupakansalahsatumateripadailmukimia yang dianggapsulitbagipesertadidik.Hal inidisebabkankarenamaterikelarutandanhasil kali kelarutanmemilikisifatselain konkret juga abstrak prosedural danalgoritmik sertakonseptual.Selainituuntukmempelajarimaterikelarutandanhasil kali kelarutandibutuhkanpengetahuanawalsepertikesetimbanganlarutan prinsip Le Chatelier stoikiometri danpersamaanreaksikimia.Upayauntukmembantupesertadidikdalammempelajarimateriinidapatdilakukandenganmenerapkan model pembelajaran yang bersifatkonstruktivistikatauberpusatpadakeaktifanpesertadidik. Salah satu model pembelajarankonstruktivistik yang dapatditerapkanyaituperpaduan model Learning Cycle 6 Edengan modelThink Pair Share (LC6E-TPS). Dalam model pembelajaranLC6E-TPSterdapattahapanpair yang berfungsisebagaiscaffoldingbagipesertadidik yang mengalamikesulitandalam proses pembelajaran. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuikualitas proses pembelajaran pengaruh model pembelajaranLC6E-TPSterhadaphasilbelajarkognitif danpengaruhkemampuanawalpesertadidikterhadaphasilbelajarkognitifpadamaterikelarutandanhasil kali kelarutan. Penelitian ini adalah penelitianeksperimensemu (quasi experiment)denganragampost testonly control group designdankemampuanawalsebagaivariabel moderator. Rancanganpenelitianiniadalah rancanganfaktorial 2x2.Penelitian dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2016/2017 dengan subjek penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 8 Malang.Pengambilanduakelompok sampeldilakukandengancaracluster random sampling. Pengumpulan data deskriptifdilakukan dengan menggunakanlembarobeservasi yang telahdivalidasioleh 3 ahli. Lembarobservasi yang digunakanantaralain RTOP (Reformed Teaching Observation Protocol) penilaianafektif penilaiankegiatandiskusidanpenilaianpsikomotor. Data hasilbelajarkognitifdikumpulkandengantespilihanganda (r11 0 99) dandianalisismenggunakanproseduranovaduajalur. Hasil penelitian adalah 1) kualitas proses pembelajarandanketerlaksanaanpembelajaranLC6E-TPSdanLC6Epadamaterikelarutandanhasil kali kelarutanberlangsungbaik yang ditunjukanoleh rata-rata skorhasilobservasimenggunakanlembar RTOP keterlaksanaanpembelajaran nilaiafektif nilaidiskusi dannilaipsikomotorpesertadidik 2)adaperbedaan yang signifikanhasilbelajarkognitifpesertadidik yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaranLC6E-TPSdan yang dibelajarkandengan model pembelajaranLC6Epadamaterikelarutandanhasil kali kelarutan 3) adaperbedaan yang signifikandalam hasilbelajarkognitifpesertadidikyang dibelajarkandengan model pembelajaranLC6E-TPSdengan model pembelajaranLC6E-TPSpadamaterikelarutandanhasil kali kelarutanbaikpadapesertadidikdengankemampuanawaltinggimaupunkemampuanawalrendah dan 4) tidakadadampakinteraksikemampuanawaldengan model pembelajaranterhadaphasilbelajarkognitifpesertadidikpadamaterikelarutandanhasil kali kelarutan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60145 |
Actions (login required)
View Item |