Pengaruh learning cycle 5-E berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains, keterampilan berfikir kritis, dan penguasaan konsep larutan penyangga dan hidrolisis garam siswa SMA / Eris Ratnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh learning cycle 5-E berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains, keterampilan berfikir kritis, dan penguasaan konsep larutan penyangga dan hidrolisis garam siswa SMA / Eris Ratnawati

Ratnawati, Eris (2017) Pengaruh learning cycle 5-E berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains, keterampilan berfikir kritis, dan penguasaan konsep larutan penyangga dan hidrolisis garam siswa SMA / Eris Ratnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnawati Eris. 2016. Pengaruh Learning Cycle -5E Berkonteks SSI terhadap Pemahaman Hakikat Sains Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam Siswa SMA.Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I)Prof.Sri Rahayu M.Ed Ph.D (II) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata Kunci Learning Cycle-5E Socioscientific Issues Hakikat Sains Ketrampilan BerpikirKritis Penguasaan Konsep Larutan Penyangga Hidrolisis Garam Hakikat sains keterampilanberpikirkritis dan penguasaankonsepmerupakankomponendalamliterasisains. Olehsebabitu pembelajaran yang dapatmeningkatkan hakikat sains keterampilanberpikirkritis dan penguasaankonsepdiperlukanuntukmenciptakangenerasi yang berliterasi sains diantaranyamelaluipenerapanpembelajaranberkontekssocioscientific issues (SSI). Salah satumaterikimia yang sesuaidibelajarkandengankonteks SSI adalahlarutan penyangga dan hidrolisis garam.Penelitianinibertujuanmengetahuiperbedaanhakikat sains keterampilanberpikirkritis dan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkandengan model pembelajaranLearning Cycle-5Eberkonteks SSI model pembelajaran Learning Cycle-5E danmodel pembelajarankonvensionalpadamaterilarutan penyangga dan hidrolisis garam. Desainpenelitian yang digunakanadalaheksperimentalsemupretes dan postes.Sampelpenelitianterdiridaritigakelas yaitukelas XI MIA-3 (n 36) yang dibelajarkandengan model pembelajarankonvensional kelas XI MIA-4 (n 36) yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle-5E dankelas XI MIA-5 (n 36) yang dibelajarkandengan model pembelajaranLearning Cycle-5Eberkonteks SSI. Sampeldipilihdenganteknikconvenience sampling.Data penelitiandiperolehdarihasilangket berskala Likert (R 0 883) tesketerampilanberpikirkritis(R 0 7558) dan tes penguasaan konsep (R 0 882) yang dikembangkan oleh peneliti. Data dianalisisdengan ANCOVA satujalur uji lanjut post hoc LSD dan effect size. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaada perbedaansignifikan pemahamanhakikatsains ketrampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep antarasiswakelasXI yangdibelajarkandengan model pembelajaranLearning Cycle-5Eberkonteks SSI model pembelajaranLearning Cycle-5E dan model pembelajarankonvensional. Effect size dariaspekhakikatsains yang berkontribusibesaradalahmetodeilmiah empiris inferensi dimensisosialsains danpenerapansainsdalambidangsosbud.Effect size dariindikatorberpikirkritis yangberkriteriabesaryaitu menganalisisargumen melakukandeduksidanmenilaihasildeduksi melakukaninduksi mendefinikanistilahdanmempertimbangkandefinisimenggunakankriteria yang tepat memutuskansuatutindakan danberinteraksidengan orang lain. Effect size darikelompoksumbateri yangberkriteriabesaryaituprinsipkerjalarutanpenyanggadanperhitungan pHlarutanpenyangga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60144

Actions (login required)

View Item View Item