Pengaruh pembelajaran kimia dengan LC-5E berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains, keterampilan berpikir kritis, dan penguasaan konsep kelarutan siswa SMA / Halimah Mustika Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kimia dengan LC-5E berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains, keterampilan berpikir kritis, dan penguasaan konsep kelarutan siswa SMA / Halimah Mustika Nurhayati

Nurhayati, Halimah Mustika (2017) Pengaruh pembelajaran kimia dengan LC-5E berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains, keterampilan berpikir kritis, dan penguasaan konsep kelarutan siswa SMA / Halimah Mustika Nurhayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati Halimah Mustika. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan LC-5E Berkonteks SSI terhadap Pemahaman Hakikat Sains Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Kelarutan Siswa SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D (II) Dr. Yahmin M.Si Kata Kunci LC-5E SSI hakikat sains berpikir kritis penguasaan konsep kelarutan Sains selalu mengalami perkembangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Begitu pula dengan tujuan pendidikan sains yang selalu berkembang searah dengan perkembangan sains. Tujuan pendidikan sains berawal dari upaya untuk memahami alam dan berkembang ke arah pemanfaatan pengetahuan di masyarakat. Perkembangan ini kemudian memunculkan konsep literasi sains yaitu suatu istilah luas mengenai sains yang meliputi perkembangan sains aspek sosial sains dan kemampuan membuat keputusan. Dengan demikian literasi sains merupakan kemampuan menerapkan pengetahuan sains untuk mengambil keputusan terhadap segala sesuatu tentang alam dan perubahannya. Hal ini mengakibatkan banyak peneliti menganggap literasi sains merupakan tujuan pendidikan sains. Akan tetapi berdasarkan hasil PISA literasi sains siswa di Indonesia masih sangat rendah. Untuk meningkatkan literasi sains dapat dilakukan dengan memasukkan aspek-aspek literasi sains dalam pembelajaran. Aspek utama literasi sains adalah konten sains pemahaman hakikat sains dan kemampuan berpikir kritis. Upaya meningkatkan pemahaman hakikat sains dapat dilakukan dengan mengeksplisitkannya dalam pembelajaran. Penggunaan pembelajaran yang melibatkan proses sains dan penggunaan konteks SSI dalam pembelajaran dapat membantu mengeksplisitkan hakikat sains. Konteks SSI merupakan isu-isu sosial terkait sains yang ada dimasyarakat. Adanya konteks SSI dan pembelajaran yang melibatkan proses sains seperti LC-5E juga akan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia dengan LC-5E berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep kelarutan siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data diperoleh dari jawaban siswa terhadap tes keterampilan berpikir kritis (r 0 7319) tes penguasaan konsep kelarutan (r 0 7448) dan angket pemahaman hakikat sains (r 0 7450). Dalam melakukan pengumpulan data digunakan rancangan penelitian eksperimental semu pretes-posttestcontrol group design yang melibatkan tiga kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan LC-5E berkonteks SSI kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan LC-5E tanpa konteks SSI dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Populasi yang digunakan adalah siswa SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Sampel penelitian dipilih dari populasi dengan teknik convenient sampling dimana sampel dipilih berdasarkan ketersediaan dalam populasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kuantitatif melalui uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen sehingga dapat diuji hipotesis dengan analisis parametrik. Analisis parametrik yang sesuai untuk desain tiga kelas dan menggunakan pretes-pascates adalah analisis kovarian (ANCOVA) dengan data pretes sebagai kovariat.Berdasarkan analisis data dapat diketahui sebagai berikut (a)terdapat perbedaan rata-rata pemahaman hakikat sains siswa kelas XI SMA yang dibelajarkan dengan LC-5E berkonteks SSI (56 75) LC-5E tanpa konteks SSI (47 00) dan metode konvensional (45 04) dimana perbedaan signifikan secara statistik terjadi pada kelas yang dibelajarkan dengan LC-5E berkonteks SSI dengan kelas yang dibelajarkan dengan LC-5E tanpa konteks SSI maupun kelas konvensional (b) terdapat perbedaan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMA yang dibelajarkan dengan LC-5E berkonteks SSI (60 74) LC-5E tanpa konteks SSI (53 11) dan metode konvensional (43 89) dimana perbedaan signifikan secara statistik terjadi pada kelas yang dibelajarkan dengan LC-5E berkonteks SSI dengan yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional (c) terdapat perbedaan rata-rata penguasaan konsep kelarutan siswa kelas XI SMA yang dibelajarkan dengan LC-5E berkonteks SSI (68 26) LC-5E tanpa konteks SSI (59 77) dan metode konvensional (47 09) dimana perbedaan signifikan terjadi pada kelas yang dibelajarkan dengan dengan LC-5E berkonteks SSI maupun LC-5E tanpa konteks SSI dengan kelas yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional.Selanjutnya untuk mengetahui kebermaknaan perbedaan efek tiap kelompok indikator pada kelas eksperimen dilakukan uji effect size dengan mengelompokkan setiap instrumen penilaian yang digunakan pada kelompok indikator tertentu. Pada analisis effect size di setiap variabel menunjukkan beberapa indikator memberikan effect size besar sedang dan kecil. Effect size pemahaman hakikat sains kelas yang dibelajarkan dengan LC-5E berkonteks SSI tergolongbesar (1 562) sedangkan effect size pemahaman hakikat sains kelas yang dibelajarkan dengan LC-5E tanpa SSI tergolong kecil (0 204). Effect size keterampilan berpikir kritis kelas yang dibelajarkan dengan LC-5E berkonteks SSI tergolongbesar (1 040) sedangkan effect size keterampilan berpikir kritis yang dibelajarkan dengan LC-5E tanpa SSI tergolong kecil (0 369). Effect size penguasaan konsep kelarutan kelas yang dibelajarkan dengan LC-5E berkonteks SSI tergolongbesar (1 390) sedangkan effect size penguasaan konsep kelarutan yang dibelajarkan dengan LC-5E tanpa SSI tergolong sedang (0 661). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LC-5E berkonteks SSI dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman hakikat sains keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60143

Actions (login required)

View Item View Item