Pengaruh penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Malua pada materi koloid / Nur Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Malua pada materi koloid / Nur Hikmah

Hikmah, Nur (2017) Pengaruh penerapan strategi Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Malua pada materi koloid / Nur Hikmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hikmah Nur. 2016. Pengaruh Penerapan Strategi Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Di SMAN 1 Malua Pada Materi Koloid. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. (II) Dr. Aman Santoso M.Si. Kata Kunci PjBL hasil belajar kemampuan berpikir kritis. Karakteristik materi kimia yang sebagian besar konsepnya bersifat abstrak berdampak pada anggapan siswa bahwa mata pelajaran kimia terkesan sulit dan tidak begitu penting untuk dipelajari. Hal ini tentunya berdampak pada hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya strategi pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. PembelajaranPjBL adalah pembelajaran inovatifyang menekankan pada belajar kontekstual sehingga siswa mampu memecahkan permasalahan yang dijumpai dalam dunia nyata dan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategiPjBLterhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Malua pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Subjek penelitian meliputi siswa kelas XI IPA SMAN1 Malua sebanyak 52 siswa dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling.Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan menggunakan tes essay dan dinilai berdasarkan rubrik penilaian oleh Ennis.Instrumen hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis memiliki validitas isi dengan kriteria validitas tinggi dan validitas butir soal dengan sebagian besar item dinyatakan valid kecuali item 10 dan 11 yang masih perlu direvisi kembali. Adapun nilai reliabilitas instrumen hasil belajar sebesar 0.729 dan reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kritis sebesar 0.870. Data dianalisis menggunakan uji t pada program SPSS 20 for windows dengan taraf signifikasi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi PjBL dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi konvensional (sig. 945 0.010) yang mana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi (x 76.80) dari nilai rata-rata kelas kontrol ( x 73.30) (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategiPjBLdengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi konvensional (sig. 945 0.001) yang mana nilai rata- rata kelas eksperimen lebih tinggi (x 68.82/kategori baik) dari nilai rata-rata kelas kontrol (x 60.05/kategori baik). Keunggulan strategi PjBL dari strategi konvensional tidak hanya dibuktikan dalam pencapaian hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa namun juga pada aspek hasil belajar afektif dan psikomotor yang mana kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata kelas yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol pada kedua aspek tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60141

Actions (login required)

View Item View Item