Problema penerapan pendekatan saintifik yang dihadapi guru kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nawandha Dwika Yuniar - Repositori Universitas Negeri Malang

Problema penerapan pendekatan saintifik yang dihadapi guru kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nawandha Dwika Yuniar

Yuniar, Nawandha Dwika (2015) Problema penerapan pendekatan saintifik yang dihadapi guru kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Nawandha Dwika Yuniar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniar Nawandha Dwika. 2015. Problema Penerapan Pendekatan Saintifik yang dihadapi Guru Kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd. (II) Drs. Sjafruddin A.R S.Pd M.Pd. Kata Kunci Problema penerapan pendekatan saintifik SD Kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini adalah Kurikulum 2013 yang menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang mengajak siswa untuk lebih aktif dan mengalami sendiri proses kegiatan belajar. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang menjadi ciri khas dalam penerapan Kurikulum 2013. Tidak semua guru kelas IV di SDN Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang menerapkan semua komponen pendekatan saintifik karena latar belakang siswa yang pasif yang masih sulit apabila harus menerapkan semua komponen pendekatan saintifik. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tentang problema penerapan pendekatan saintifik dengan fokus penelitian antara lain (1) problema guru dalam membuat perencanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik (2) problema guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan (3) problema guru dalam memberikan penilaian pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu guru kelas IV SDN Gugus 2 Kecamatan Kedungkandang. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan instrumen pendukung berupa pedoman observasi pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data melalui aktivitas reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Ketika membuat perencanaan pembelajaran guru mengalami problema dalam menyusun rubrik penilaian karena jenis penilaian yang sangat banyak. (2) Problema yang dijumpai guru ketika menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu sulitnya menghadirkan objek yang nyata untuk kegiatan mengamati kurangnya sumber yang ada di sekitar sekolah kurangnya rasa percaya diri siswa dalam berkomunikasi dan sulitnya pengelolaan kelas karena banyaknya jumlah siswa. (3) Problema guru dalam melaksanakan penilaian otentik karena banyaknya kriteria penilaian dan jumlah siswa. Guru mengalami kesulitan dalam mengolah nilai dan mencantumkannya di laporan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa guru menemui beragam problema dalam penerapan pendekatan saintifik. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6014

Actions (login required)

View Item View Item