Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks Socioscientific Issues (SSI) terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa / Amalia Cahyarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks Socioscientific Issues (SSI) terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa / Amalia Cahyarini

Cahyarini, Amalia (2016) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks Socioscientific Issues (SSI) terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa / Amalia Cahyarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cahyarini Amalia. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berkonteks Socioscientific Issues (SSI) terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa. Tesis Program StudiPendidikan Kimia Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Yahmin S.Pd M.Si. Kata Kunci learning cycle 5E socioscientific issues penguasaan konsep keterampilan berpikir kritis asam basa Literasi sains merupakan salah satu tujuan utama pendidikan sains. Penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis merupakan komponen dalam literasi sains. Oleh karena itu pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis diperlukan guna menciptakan generasi yang melek sains diantaranya melalui penerapan pembelajaran berkonteks socioscientific issues (SSI). Salah satu materi kimia yang sesuai dibelajarkan dengan konteks SSI adalah asam basa. Penerapan pembelajaran berkonteks SSI pada materi asam basa diduga akan memberikan hasil penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis yang lebih baik jika dipadukan dengan model pembelajaran berbasis inkuiri yaitu learning cycle 5E. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5EberkonteksSSI dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (2) perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5Edan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (3) perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5EberkonteksSSI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E (4) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5EberkonteksSSIdan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (5) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5Edan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional dan (6) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5EberkonteksSSI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E. Penelitianini menggunakan rancanganeksperimentalsemuposttest only control group design. Sampelpenelitianterdiridaritigakelas yaitukelas XI MIA-4 (n 32) yang dibelajarkandengan model pembelajaranlearning cycle 5E kelas XI MIA-5 (n 33) yang dibelajarkandengan model pembelajaranlearning cycle 5EberkonteksSSI dankelas XI MIA-6 (n 32) yang dibelajarkandenganmetodekonvensional. Sampeldipilihdenganteknikconvenience sampling. Instrumenpenelitianberupasoalpilihanganda yang terdiridari 20 soalpenguasaankonsep (r 0 850) dan 15 soalberpikirkritis (r 0 806). Data penelitiandianalisismenggunakanujistatistikone way ANOVA denganuji post hoc LSD. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) ada perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5EberkonteksSSI dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (2) ada perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5Edan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (3) tidak ada perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5EberkonteksSSI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E (4) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5EberkonteksSSIdan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (5) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5Edan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional dan (6) tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5EberkonteksSSI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60136

Actions (login required)

View Item View Item