Trisnawati, Ade (2016) Pengaruh pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning terhadap pemahaman dan self regulated learning mahasiswa pada matakuliah kimia analisis instrumentasi / Ade Trisnawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Trisnawati Ade. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD dipadu dengan Blended Learning terhadap Pemahaman dan Self Regulated Learning Mahasiswa pada Matakuliah Kimia Analisis Instrumentasi. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D (II) Dr. Munzil Arief M.Si. Kata kunci STAD blended learning pemahaman mahasiswa self regulated learning Salah satu tujuan pembelajaran kimia analisis instrumentasi adalah agar mahasiswa dapat menguasai prinsip instrumentasi dan aplikasi dari suatu metode analisis. Metode spektroskopi merupakan salah satu metode analisis instrumentasi modern yang harus dipelajari oleh mahasiswa sebagai calon sarjana kimia. Materi spektroskopi cenderung sulit untuk dipelajari karena materi ini merupakan materi yang abstrak dan kompleks.Kesulitan mahasiswa dalam mempelajari materi spektroskopi mungkin dikarenakan pembelajaran di kelas kurang memberikan gambaran terkait penjelasan prinsip dasar alat instrumentasi dan aplikasi metode spektroskopi yang diajarkan. Kurangnya interaksi antara mahasiswa dan pengajar serta keterbatasan waktu perkuliahan menyebabkan pembahasan materi kurang mendalam. Masalah ini diharapkan dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemahaman dan self regulated learningmahasiswa pada pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning (2) mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan pemahaman mahasiswa pada pembelajaran kooperatif STAD dipadu denganblended learning. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan postes dalam satu kelompok. Subjek penelitian adalah mahasiswa program pendidikan kimia Universitas Negeri Malang semester 5 yang berjumlah 34 mahasiswa.Instrumen pengukuran adalah soal tes pilihan ganda yang berjumlah 43 soal dengan reliabilitas sebesar 0 898 angket self regulated learning dengan reliabilitas sebesar 0 914 dan lembar observasi aktivitas mahasiswa. Data yang diperoleh dari tes pemahaman dan angket self regulated learningdianalisis secara deskriptif dan hubungan keduanya dianalisis menggunakan uji korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Pemahaman mahasiswa pada submateri alat instrumentasi spektroskopi UV-VIS prinsip dasar spektroskopi inframerah prinsip dasar spektroskopi Raman aplikasi spektroskopi Raman alat instrumentasi spektroskopi atom dan aplikasi spektroskopi atom tergolong baik. Sedangkan pemahaman mahasiswa pada submateri prinsip dasar dan aplikasi spektroskopi UV-VIS alat instrumentasi spektroskopi Raman alat instrumentasi dan aplikasi spektroskopi inframerah dan prinsip dasar spektroskopi atom tergolong rendah.(2) Mahasiswa yang memiliki self regulated learning tinggi lebih banyak daripada mahasiswa yang memiliki self regulated learning rendah.(3) Terdapat hubungan positif antara pemahaman dan self regulated learningmahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60133 |
Actions (login required)
View Item |