Pengembangan bahan ajar multimedia pada mata kuliah kimia organik I dan efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar / Mohammad Arfi Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar multimedia pada mata kuliah kimia organik I dan efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar / Mohammad Arfi Setiawan

Setiawan, Mohammad Arfi (2016) Pengembangan bahan ajar multimedia pada mata kuliah kimia organik I dan efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar / Mohammad Arfi Setiawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Mohammad Arfi. 2016. PengembanganBahan Ajar Multimedia pada Mata Kuliah Kimia OrganikIdan EfektivitasnyadalamMeningkatkanHasilBelajar.Tesis.Prodi Pendidikan Kimia Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata kunci Bahan ajar multimedia kimia organik hasil belajar efektivitas. Ilmu kimia merupakan cabang dari sains yang mempelajari tentang struktur sifat dan perubahan materi serta energi yang menyertainya. Materi yang dipelajari dalam ilmu kimia secara umum berhubungan dengan struktur senyawa dan konsep-konsep yang abstrak. Pembelajaran kimia membutuhkan penggunaanrepresentasitingkatmakroskopis submikroskopis dansimbolik. Ketigarepresentasitersebuttidakbisaditampilkansecaramaksimal dalam bahan ajar cetak.Kekurangantersebutdapatdiatasidenganmemasukkan media penunjangsepertianimasidan videokedalambahan ajar.Tujuandaripenelitian iniadalahuntukmenghasilkanbahan ajar multimedia yang layakdanefektifuntukdiaplikasikanpadamatakuliah Kimia Organik I khususnya untukmaterianalisis unsur penyusunsenyawaorganik ikatandanstruktur Lewis resonansi danstruktursenyawaorganik. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan yangdilaksanakan di Jurusan Kimia FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam UniversitasNegeri Malang.Rancanganpengembangan yang digunakanpadapenelitianiniadalah model Huangyang membagi tahap pengembangan menjadi lima yaitu (1) tahapUnderstanding (2) tahapDesign (3) tahapBuild (4) tahapTest dan (5) tahapImprove.Produk pengembangan divalidasi pada tahap Build. Desainpenelitian untuk menguji efektivitasberupaeksperimensemudengan 60 mahasiswasebagaisampel.Data penelitiandianalisisdenganmembandingkanhasilbelajarkelaseksperimendankontrolmenggunakanuji t.Instrumen penelitian berupa soal tes pemahaman dan angket persepsi mahasiswa terhadap bahan ajar multimedia. Reliabilitas instrumen soal dan angket persepsi berturut-turut sebesar 0 626 dan 0 881. Hasilpenelitian pengembanganadalah bahan ajar multimedia dengantipe file .exeyang sesuai dengan karakteristik pembelajaran level mahasiswa. Pembelajaran yang dapat menggunakan bahan ajar ini adalah pembelajaran dengan metode ceramah. Hasil validasi dan uji efektivitas menunjukkanbahwa (1)bahan ajar multimedia hasil pengembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran (2)bahan ajar multimedia efektif meningkatkan hasil belajar (3) mahasiswa memberikan persepsi yang positif terhadap bahan ajar multimedia hasil pengembangan diantaranya memotivasiuntukbelajar meningkatkanpemahamanmateri danmembuatpembelajaranlebihmenarik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60131

Actions (login required)

View Item View Item