Pengaruh penerapan pembelajaran comunity of Inquiry (Col) berbantuan blended learning pada materi distilasi terhadap pemahaman konsep dan pertisipasi mahasiswa jurusan kimia Universitas Negeri Malang / Effa Rachma Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pembelajaran comunity of Inquiry (Col) berbantuan blended learning pada materi distilasi terhadap pemahaman konsep dan pertisipasi mahasiswa jurusan kimia Universitas Negeri Malang / Effa Rachma Pratiwi

Pratiwi, Effa Rachma (2016) Pengaruh penerapan pembelajaran comunity of Inquiry (Col) berbantuan blended learning pada materi distilasi terhadap pemahaman konsep dan pertisipasi mahasiswa jurusan kimia Universitas Negeri Malang / Effa Rachma Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Effa Rachma. 2016. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Community of Inquiry (CoI) Berbantuan Blended Learning pada Materi Distilasi terhadap Pemahaman Konsep dan Partisipasi Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D (II) Dr. Munzil Arief S.Pd. M.Si Kata Kunci Community of Inquiry Blended Learning Distilasi Pemahaman Konsep Partisipasi Masalah pembelajaran kimia pada materi distilasi di tingkat perguruan tinggi adalah pemahaman konsep yang rendah tentang kesetimbangan uap-cair hukum gas ideal dan titik didih. Untuk memahami konsep tersebut maka diperlukan penggunaan multimedia dan belajar aktif baik secara mandiri ataupun berkolaborasi melalui partisipasi berbagai kegiatan belajar. Penerapan pembelajaran CoI berbantuan blended learning diharapkan dapat meningkatkan interaksi mahasiswa dengan teman sebaya dan pengajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas proses pembelajaran CoI berbantuan blended learning pada materi distilasi ditinjau dari penilaian setiap fase CoI sehingga dapat mendeskripsikan pemahaman konsep mahasiswa Jurusan Kimia UM tentang materi distilasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental dengan one shot case study. Subjek yang digunakan adalah satu kelas mahasiswa semester IV program studi S1 Kimia UM Tahun Akademik 2014/2015. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes pemahaman konsep rubrik partisipasi tatap muka dan partisipasi online mahasiswa dan angket persepsi pembelajaran CoI. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif untuk menjabarkan pemahaman konsep dan kualitas proses pembelajaran CoI berbantuan blended learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsistensi rata-rata jumlah pertanyaan dan jumlah mahasiswa dalam kelompok tinggi dan rendah pada fase triggering event konsistensi rata-rata jumlah interaksi (chat) dan jumlah mahasiswa dalam kelompok tinggi dan rendah pada fase exploration rata-rata nilai fase integration yang tinggi dan jumlah mahasiswa dalam kelompok tinggi serta rata-rata nilai fase application yang sangat tinggi dan jumlah mahasiswa dalam kelompok tinggi yang menunjukkan baiknya kualitas proses pembelajaran CoI berbantuan blended learning. Nilai pemahaman konsep distilasi yang diukur dengan tes akhir mewakili pemahaman konsep yang dibangun saat pembelajaran CoI dilakukan dengan dibuktikan dari nilai tes akhir dan penilaian setiap fase CoI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60130

Actions (login required)

View Item View Item