Qomaruzzaman (2015) Peningkatan pemahaman isi cerita anak melalui membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Selokajang Kabupaten Blitar / Qomaruzzaman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Qomaruzzaman. 2015. Peningkatan Pemahaman Isi Cerita Anak Melalui Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V SDN Selokajang 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Hadi Mustofa M.Pd (2) Drs. Syaiful Imam S. Pd. M.Pd. Kata kunci peningkatan pemahaman isi cerita anak membaca pemahaman Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada kelas V SDN Selokajang Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar diketahui bahwa (1) dalam menjawab pertanyaan dari guru siswa masih terlihat malu-malu dan tidak percaya diri (2) siswa juga tidak mau menjawab pertanyaan apabila tidak di-tunjuk oleh guru (3) guru tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran (4) proses pembelajaran lebih didominasi guru sehingga terjadi komunikasi satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan membaca pemahaman dalam meningkatkan pemahaman isi cerita anak (2) mendiskripsikan peningkatan pemahaman isi cerita anak melalui membaca pemahama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data di-lakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara catatan lapangan tes dan dokumentasi. Analisis data diawali dengan mengumpulkan data menyajikan dan mendeskripsikan data kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa serta hasil akhir siswa yang meningkat. Aktivitas siswa meningkat mulai dari siklus I yaitu 74% meningkat menjadi 81% pada siklus II. Nilai hasil belajar siswa pun meningkat dari 72% pada siklus I meningkat menjadi 80% pada siklus II. Rata-rata nilai akhir siswa juga mengalami peningkatan mulai dari pratindakan sebesar 56 dengan ketuntasan klasikal sebesar 29% meningkat menjadi 73 dengan ketuntasan klasikal 64% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81 dengan ketuntasan klasikal 96% pada siklus II. Dengan demikian penerapan membaca pemahaman dapat meningkatkan pemahaman isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Selokajang 3 Kabupaten Blitar. Oleh karena itu disarankan bagi guru agar menerapkan membaca pemahaman agar pemahaman isi cerita anak pada siswa dapat meningkat lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6012 |
Actions (login required)
View Item |