Pengaruh pembentukan soal dalam strategi daur belajar 6 fase terhadap pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik siswa kelas XI MIA SMA Negeri 7 Malang pada materi kesetimbangan kimia / Julian Hadi Ferry - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembentukan soal dalam strategi daur belajar 6 fase terhadap pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik siswa kelas XI MIA SMA Negeri 7 Malang pada materi kesetimbangan kimia / Julian Hadi Ferry

Ferry, Julian Hadi (2016) Pengaruh pembentukan soal dalam strategi daur belajar 6 fase terhadap pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik siswa kelas XI MIA SMA Negeri 7 Malang pada materi kesetimbangan kimia / Julian Hadi Ferry. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ferry Julian Hadi. 2015. Pengaruh Pembentukan Soal dalam Strategi Daur Belajar 6 Fase terhadap Pemahaman Konseptual dan Pemahaman Algoritmik Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 7 Malang Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Siti Marfu ah M.S. Kata kunci pemahaman konseptual pemahaman algoritmik daur belajar 6 fase- pembentukan soal kesetimbangan kimia. Kesetimbangan kimia merupakan konsep dasar bagi siswa untuk dapat memahami topik kimia yang lainnya seperti asam basa dan kelarutan. Kesetimbangan kimia memiliki aspek konsep yang abstrak konkret dan algoritmik. Berdasarkan karakteristik tersebut menjadikan kesetimbangan kimia sebagai salah satu materi yang sulit dipahami siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konseptual dan algoritmik siswa kelas XI SMA Negeri 7 Malang yang dibelajarkan dengan strategi Daur Belajar 6 Fase- Pembentukan Soal dan strategi Daur Belajar 6 Fase pada materi kesetimbangan kimia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasy experimental dengan desain posttest only nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XIA MIA SMA Negeri 7 Malang Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas ekperimen dibelajarkan dengan strategi daur belajar 6 fase- pembentukan soal dan kelas kontrol dibelajarkan dengan strategi daur belajar 6 fase. Data penelitian diambil dari tes pilihan jamak dengan 13 soal pemahaman konseptual dan 7 soal algoritmik. Data penelitian berupa skor dan dianalisis menggunakan uji statistik komparatif t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi daur belajar 6 fase- pembentukan soal dan strategi daur belajar 6 fase pada materi kesetimbangan kimia dan (2) rata-rata nilai pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik siswa kelas eksperimen (73 291 dan 75 397) lebih tinggi daripada siswa kelas kontrol (63 348 dan 64 706) pada materi kesetimbangan kimia. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi daur belajar 6 fase- pembentukan soal memberikan hasil yang lebih baik daripada strategi daur belajar 6 fase pada materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60118

Actions (login required)

View Item View Item