Analisis model mental mahasiswa pendidikan kimia dalam memahami berbagai jenis reaksi kimia ditinjau dari pengetahuan awal yang berbeda / Supriadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis model mental mahasiswa pendidikan kimia dalam memahami berbagai jenis reaksi kimia ditinjau dari pengetahuan awal yang berbeda / Supriadi

Supriadi (2016) Analisis model mental mahasiswa pendidikan kimia dalam memahami berbagai jenis reaksi kimia ditinjau dari pengetahuan awal yang berbeda / Supriadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Supriadi. 2016. Analisis Model Mental Mahasiswa Pendidikan Kimia Dalam Memahami Berbagai Jenis Reaksi Kimia Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Yang Berbeda. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. (II) Dr. H. Yahmin M.Si Kata kunci model mental pengetahuan awal reaksi kimia representasi submikroskopik Pengembangan model mental sangat penting dalam mempelajari kimia karena pengembangan teori dan praktik kimia dan sains diawali dengan pengembangan model mental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali model mental mahasiswa dalam memahami berbagai jenis reaksi kimia berdasarkan perbedaan pengetahuan awal. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif deskriptif. Sampel terdiri dari 152mahasiswa yang berasal dari semester 1 3 dan 5Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram. Sebanyak 10 item soal tes essay dikembangkan tentang topik reaksi pembentukan reaksi penguraian reaksi pembakaran reaksi substitusi tunggal dan reaksi substitusi gandauntuk mengidentifikasimodel mentalmahasiswa dan 19 soal tes pilihan ganda untuk mengidentifikasi pengetahuan awal mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 74 3%mahasiswamasih mengembangkan model mental inisial dalam menjelaskan fenomena reaksi pada level submikroskopik dan belum ada mahasiswa yang mengembangkan model mental saintifik. Mereka hanya menjelaskan proses terjadinya reaksi kimia pada level makroskopik dan simbolik. Selain itu dalam model mental mahasiswa masih terdapat pra konsep yang dapat menyebabkan miskonsepsi. Peneliti menyarankan bahwa perlu diterapkan pembelajaran yang berbasis multi level representasi dan perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan model mental mahasiswa karena pengembangan model mental sangat penting dalam memahami konsep-konsep kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60115

Actions (login required)

View Item View Item