Pengaruh penerapan model problem posing dengan strategi pemberian tugas berbeda berdasarkan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XII IPA pada materi sifat koligatif larutan / Herlina Apriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model problem posing dengan strategi pemberian tugas berbeda berdasarkan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XII IPA pada materi sifat koligatif larutan / Herlina Apriani

Apriani, Herlina (2016) Pengaruh penerapan model problem posing dengan strategi pemberian tugas berbeda berdasarkan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas XII IPA pada materi sifat koligatif larutan / Herlina Apriani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Penerapan Model Problem Posing dengan Strategi Pemberian Tugas Berbeda Berdasarkan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Herlina Apriani Pascasarjana Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang Jl. Semarang 5 Malang. E-mail herlina_apriani yahoo.com Abstrak Sifat koligatif larutan merupakan materi kimia yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Kesulitan siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran dan strategi yang digunakan guru kurang memperhatikan perbedaan kemampuan awal siswa sehingga mempengaruhi hasil belajar dan motivasi belajar. Identifikasi kemampuan awal siswa dan karakteristik materi pembelajaran penting dilakukan oleh guru dalam pemilihan model pembelajaran dan strategi yang tepat. Model pembelajaran dalam penelitian ini adalah Problem Posing sedangkan strategi yang digunakan adalah pemberian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Posing dengan strategi pemberian tugas berbeda berdasarkan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berupa 20 soal tes pilihan ganda dan angket motivasi belajar berupa 32 pernyataan positif. Analisis data menggunakan uji Anova satu jalur pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Posing dengan strategi pemberian tugas berdasarkan kemampuan awal pada materi sifat koligatif larutan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Kata kunci Kemampuan Awal Model Pembelajaran Problem Posing Sifat Koligatif Larutan Hasil belajar Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60108

Actions (login required)

View Item View Item