Pengaruh penerapan blended learning berbantuan learning cycle 6 fase-problem solving terhadap pemahaman konseptual. algoritmik dan grafik pada materi laju reaksi / Reny Eka Evi Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan blended learning berbantuan learning cycle 6 fase-problem solving terhadap pemahaman konseptual. algoritmik dan grafik pada materi laju reaksi / Reny Eka Evi Susanti

Susanti, Reny Eka Evi (2016) Pengaruh penerapan blended learning berbantuan learning cycle 6 fase-problem solving terhadap pemahaman konseptual. algoritmik dan grafik pada materi laju reaksi / Reny Eka Evi Susanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti Reny Eka Evi. 2015. Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbantuan Learning Cycle 6 Fase-Problem Solving Terhadap Pemahaman Konseptual Algoritmik dan Grafik pada Materi Laju Reaksi. Tesis JurusanPendidikan Kimia Program PascasarjanaUniversitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dra.Srini M Iskandar M.Sc Ph.D. (II) Dra. Sri Rahayu M.Ed. Ph.D. Kata Kunci blended learning learning cycle6 fase-problem solving pemahaman konseptual pemahaman algoritmik pemahaman grafik. Laju reaksi merupakan salah satu materi kimia yang diajarkan di tingkat SMA kelas XI dan terkesan sulit. Kesulitan memahami konseplaju reaksi disebabkan beberapa hal antara lain (1) dalam memahami materi tersebut diperlukan pemahaman konseptual algoritmik dan grafik (2) karakteristik materilaju reaksiyang bersifat abstrak dan diajarkan dalam waktu relatif singkat. Untuk mengatasi kesulitan tersebut maka diterapkan blended learning berbantuan learning cycle 6 fase-problem solving. Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh blended learning berbantuan learning cycle 6 fase-problem solving terhadap pemahaman konseptual pemahaman algoritmik dan pemahaman grafik siswa pada materi laju reaksi dan (2) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pemahaman konseptual dengan pemahaman algoritmik siswa serta pemahaman konseptual dan pemahaman grafik siswa pada materi laju reaksi Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu postest only design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Genteng. Sampelyang digunakan dalam penelitian yaitu kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan blended learningberbantuanlearning cycle 6 fase-problem solving dan kelas kontrol dibelajarkan dengan learning cycle 6 fase-problem solving. Instrumen yang digunakan berupa (1) instrumen perlakuan meliputi silabus RPP LKS dan bahan ajar dan (2) instrumen pengukuran meliputi soal test laju reaksisebanyak 30 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan nilai reliabilitas 0 917. Pengujian hipotesis penelitian dianalisis dengan menggunakanuji-t dan uji korelasidibantu program SPSS 16 for windows dengan taraf signifansi 945 0 05. Uji-t digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pemahaman konseptual algoritmik dan grafik siswa yang dibelajarkan dengan blended learningberbantuanlearning cycle 6 fase-problem solving dengan siswa yang dibelajarkan dengan learning cycle 6 fase-problem solving. Sedangkan uji korelasi digunakan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pemahaman konseptual dengan pemahaman algoritmik dan mengetahui apakah ada hubungan antara pemahaman konseptual dengan pemahaman grafik siswa pada materi laju reaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)ada perbedaan yang signifikan tingkat pemahaman konseptual algoritmik dan grafik antara siswa yang dibelajarkan dengan blended learning berbantuan learning cycle 6 fase-problem solving dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan learning cycle 6 fase-problem solving.(2) Tidak ada hubungan signifikan antara tingkat pemahaman konseptual dengan pemahaman algoritmik siswa serta tidak ada hubungan antara tingkat pemahaman konseptual dan pemahaman grafik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60107

Actions (login required)

View Item View Item