Pengaruh POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) disertai mind mapping dan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa / Sandi Danar Cynthia Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) disertai mind mapping dan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa / Sandi Danar Cynthia Sari

Sari, Sandi Danar Cynthia (2015) Pengaruh POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) disertai mind mapping dan kemampuan awal terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa / Sandi Danar Cynthia Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Sandi Danar Cynthia. 2015.Pengaruh POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Disertai Mind Mappingdan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajardan Keterampilan Proses Sains Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Suharti M.Si. Kata kunci POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) mind mapping hasil belajar keterampilan proses sains Karakteristikmateriasambasa yang abstrak berjenjang sertaberisikonsepdanperhitungandapatmenimbulkankesulitanbelajar. Sub-sub materipadaasambasa yang salingberkaitanakanlebihmudahdipahamimelalui proses konstruksikonsepolehsiswa. Pendekatanpembelajaran yang dapatmemfasilitasisiswauntukaktifmengkonstruksikonsepmelaluitahapan-tahapanmetodeilmiahadalahinkuiri. Salah satu model pembelajaraninkuiri yang memilikikegiatanlebihterstrukturadalah POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Salah satukelemahanpembelajaraninkuiriadalahsulitnyamengontrolkegiatanpesertadidikdalammendokumentasiapa yang telahmerekaperolehsecaratertulis. Penggunaanmind map (petapikiran) membantusiswadalammengorganisasikaninformasidarimateripelajaran di sekolah. Tujuanpenelitianadalahmenguji (1) perbedaanhasilbelajarsiswaberdasarkan model pembelajaran (2) perbedaanketerampilan proses sainssiswaberdasarkan model pembelajaran (3) perbedaanhasilbelajarberdasarkankemampuanawal (4) perbedaanketerampilan proses sainsberdasarkankemampuanawal (5) interaksi model pembelajarandankemampuanawalterhadaphasilbelajar (6) interaksi model pembelajarandankemampuanawalterhadapketerampilan proses sains. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XIIPA 4 sebagai kelompok kontrol dan XIIPA 5 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling.Instrumen penelitian berupa instrumen perlakuan dan pengukuran. Instrumen pengukuran berupa soal tes hasil belajar kognitif dan tes keterampilan proses sains. Uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaanhasilbelajarsiswa yang dibelajarkandenganmenggunakan model POGIL dan model POGIL disertaimind mapping (2) tidakadaperbedaanketerampilan proses sainssiswa yang dibelajarkandenganmenggunakan model POGIL dan model POGIL disertaimind mapping (3) adaperbedaanhasilbelajarsiswadengankemampuanawaltinggidankemampuanawalrendah (4) adaperbedaanketerampilan proses sainssiswadengankemampuanawaltinggidankemampuanawalrendah (5) Ada interaksiantara model pembelajarandengankemampuanawalterhadaphasilbelajar (6) tidakadainteraksiantara model pembelajarandengankemampuanawalterhadapketerampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60106

Actions (login required)

View Item View Item