Pengaruh PBL berbantuan multimedia interaktif dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada materi laju reaksi / Solihah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh PBL berbantuan multimedia interaktif dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada materi laju reaksi / Solihah

Solihah (2015) Pengaruh PBL berbantuan multimedia interaktif dan pengetahuan awal terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada materi laju reaksi / Solihah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Solihah. 2015. Pengaruh PBL Berbantuan Multimedia Interaktif dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar pada Materi Laju Reaksi. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D (II) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D Kata-kata Kunci multimedia interaktif pengetahuan awal problem based learning hasil belajar motivasi belajar Materi laju reaksi memiliki karakteristik konsep yang abstrak melibatkan perhitungan matematika dan gambaran grafik serta bersifat kontekstual cenderung menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi tersebut. Konsep laju reaksi sebaiknya dibelajarkan dengan pembelajaran yang dimulai dari sebuah masalah atau kasus dalam kehidupan sehari-hari yang dapat dijawab melalui proses investigasi. Pada penelitian ini digunakan multimedia interaktif dalam model problem based learning dengan memperhatikan pengetahuan awal siswa diasumsikan dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan PBL berbantuan multimedia interaktif dan PBL tanpa berbantuan multimedia interaktif (2) perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan PBL berbantuan multimedia interaktif dan PBL tanpa berbantuan multimedia interaktif (3) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan yang memiliki pengetahuan awal rendah (4) perbedaan motivasi belajar antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan yang memiliki pengetahuan awal rendah (5) interaksi antara strategi belajar problem based learning berbantuan multimedia interaktif dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa (6) interaksi antara strategi belajar problem based learning berbantuan multimedia interaktif dengan pengetahuan awal terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Gunungsari Lombok Barat pada tahun ajaran 2014-2015 dengan 4 kelas yang terdistribusi homogen. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Satu kelas terdiri atas 26 siswa yang dibelajarkan dengan multimedia interaktif dalam Problem Based Learning dan kelas lain yang terdiri atas 22 siswa yang dibelajarkan tanpa multimedia interaktif dalam Problem Based Learning. Data hasil penelitian berupa motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa yang dikumpulkan menggunakan 33 pernyataan angket motivasi dengan validasi isi sebesar 97 % dan 25 soal pilihan ganda dengan validasi isi sebesar 90 %. Pengukuran reliabelitas tes diperoleh dengan rumus Cronbach s Alpha dengan nilai 0 82 untuk pernyataan angket motivasi belajar dan 0 67 untuk soal pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji MANOVA dua faktor. Hasil penelitian pada materi laju reaksi menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan PBL berbantuan multimedia interaktif dan PBL tanpa berbantuan multimedia interaktif (2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan PBL berbantuan multimedia interaktif dan PBL tanpa berbantuan multimedia interaktif (3) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan yang memiliki pengetahuan awal rendah (4) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dengan yang memiliki pengetahuan awal rendah (5) tidak terdapat interaksi antara strategi belajar problem based learning berbantuan multimedia interaktif dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar siswa (6) tidak terdapat interaksi antara strategi belajar problem based learning berbantuan multimedia interaktif dengan pengetahuan awal terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60105

Actions (login required)

View Item View Item