Pengaruh model pembelajaran learning cycle 6 fase - think pair share terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada materi kesetimbangan kimia / Auliawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran learning cycle 6 fase - think pair share terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada materi kesetimbangan kimia / Auliawati

Auliawati (2015) Pengaruh model pembelajaran learning cycle 6 fase - think pair share terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada materi kesetimbangan kimia / Auliawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Auliawati. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 6 Fase - Think Pair Share terhadap Hasil Belajar dan Retensi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. Kata Kunci learning cycle hasil belajar retensi kesetimbangan kimia Kegiatan pembelajaran di sekolah diciptakan untuk mengembangkan kemampuan baik kemampuan kognitif psikomotorik maupun afektif. Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah adalah ilmu kimia. Ilmu kimia memiliki konsep-konsep yang rumit dan sebagian besar materi kimia bersifat abstrak. Salah satunya adalah kesetimbangan kimia. Hal ini menuntut guru untuk menciptakan pembelajaran yang dapat membangun pengetahuan konseptual dan algoritmik secara sistematis. Salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah Learning Cycle 6 Fase - Think Pair Share. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 6 Fase - Think Pair Share terhadap hasil belajar dan retensi siswa pada materi kesetimbangan kimia. Jenis rancangan penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design) tanpa pretest (posttest only control group design). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran (Learning Cycle 6 Fase dan Learning Cycle 6 Fase - Think Pair Share) variabel terikatnya adalah hasil belajar dan retensi siswa dan variabel kontrolnya adalah materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 1 MAN 1 Malang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan didapatkan 2 kelas penelitian yaitu kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 6 Fase - Think Pair Share dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan Learning Cycle 6 Fase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 6 Fase - Think Pair Share lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 6 Fase dengan nilai signifikansi (0 03) 945 (nilai signifikansi 5%). Model ini berpengaruh juga terhadap retensi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara retensi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 6 Fase - Think Pair Share dan model pembelajaran Learning Cycle 6 setelah pembelajaran berlangsung 1 minggu dan 1 bulan. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi (0 00) 945 (nilai signifikansi 5%) pada tes retensi I. Begitu pula pada tes retensi II nilai signifikansi (0 00) 945 (nilai signifikansi 5%).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60104

Actions (login required)

View Item View Item