Pengaruh pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning terhadap hasil belajar kognitif materi NMR mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang / Donna Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning terhadap hasil belajar kognitif materi NMR mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang / Donna Novita Sari

Sari, Donna Novita (2015) Pengaruh pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning terhadap hasil belajar kognitif materi NMR mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang / Donna Novita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Donna Novita. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD dipadu dengan Blended Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi NMR Mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. (2) Dra. Sri Rahayu M.Ed Ph.D. Kata-kata kunci NMR pembelajaran kooperatif STAD blended learning hasil belajar kognitif Materi NMR adalah salah satu materi pada perkuliahan analisis instrumen yang harus ditempuh oleh mahasiswa jurusan kimia pada perkuliahan analisis instrumen. Kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa dalam materi NMR adalah menguasai konsep prinsip instrumen dan interpretasi spektrum NMR. Untuk mencapai semua kompetensi tersebut terutama kompetensi terakhir diperlukan latihan yang intensif. Latihan tersebut adalah optimal apabila mahasiswa dapat berinteraksi satu dengan yang lain. Hal ini dapat diwujudkan apabila pembelajaran dilakukan secara kooperatif. Penggunaan pembelajaran kooperatif STAD diharapkan mampu memfasilitasi interaksi optimal antar mahasiswa. Namun pembelajaran ini memiliki kelemahan pada waktu perkuliahan yang terbatas sehingga interaksi tersebut tidak mungkin dilakukan dalam perkuliahan di kelas. Interaksi ini dapat dilakukan di luar kelas dengan memanfaatkan TIK. Blended learning merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat memfasilitasi interaksi optimal tersebut. Oleh karena itu pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning diharapkan dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang efektif ditinjau dari hasil belajar kognitif mahasiswa dalam perkuliahan materi NMR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa pada materi NMR. Penelitian ini menggunakan postest only control group design. Subyek penelitian adalah mahasiswa jurusan kimia Universitas Negeri Malang semester 5 tahun ajaran 2014/ 2015 yaitu offering G (28 mahasiswa) dan offering H (32 mahasiswa). Mahasiswa pada offering G dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning sedangkan mahasiswa pada offering H dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif saja. Data penelitian adalah hasil belajar kognitif pada materi NMR. Hasil belajar kognitif diukur dengan tes pilihan ganda yang terdiri dari duapuluh soal. Validitas butir soal yang telah diukur menggunakan rumus Pearson Correlations menghasilkan rata-rata sebesar 0 48 dan koefisien reliabilitas diukur menggunakan split-half methode sebesar 0 78. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning dan kelas yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif STAD saja. Faktor penyebabnya adalah interaksi yang terjadi antar mahasiswa belum berjalan secara optimal karena diskusi yang dilaksanakan kurang fokus terhadap topik yang dibahas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60101

Actions (login required)

View Item View Item