Pengaruh penerapan strategi Science Environtment Technologi Society berbantuan blended learning terhadap self directed learning dan hasil belajar mahasiswa peserta kimia lingkungan / Renda Suri Pratimi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi Science Environtment Technologi Society berbantuan blended learning terhadap self directed learning dan hasil belajar mahasiswa peserta kimia lingkungan / Renda Suri Pratimi

Pratimi, Renda Suri (2015) Pengaruh penerapan strategi Science Environtment Technologi Society berbantuan blended learning terhadap self directed learning dan hasil belajar mahasiswa peserta kimia lingkungan / Renda Suri Pratimi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratimi Renda Suri. 2014. Pengaruh Strategi Science Environment Technologi Society Berbantuan Blended Learning Terhadap Belajar Mandiri dan Hasil Belajar Mahasiswa Peserta Kimia Lingkungan. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Srini M Iskandar M.Sc. Ph.D. (2) Dr. Munzil Arief S.Pd. M.Si. Kata kunci Kimia Lingkungan Strategi SETS berbantuan Blended Learning Belajar Mandiri Hasil Belajar. Pencemaran lingkungan merupakan salah satu sub materi pada matakuliah kimia lingkungan yang ditempuh pada semester VIII. Pengajaran kimia lingkungan yang berpusat pada dosen sering kali tidak mampu membentuk sikap positif mahasiswa terhadap lingkungan oleh karena itu pembelajaran kimia lingkungan hendaknya melibatkan lingkungan secara langsung sebagai bahan belajar. Strategi yang dimungkinkan dapat mengatasi hal tersebut adalah starategi science environment technologi and society (SETS). Untuk menghubungkan antar komponen SETS mahasiswa memerlukan pengalaman belajar nyata yang berpengaruh tehadap kemampuan belajar mandiri (self directed learning) untuk memahaminya oleh karena itu strategi SETS akan lebih efektif jika dipadukan dengan blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) pengaruh penerapan strategi SETS berbantuan blended learning terhadap self directed learning (2) pengaruh penerapan strategi SETS berbantuan blended learning terhadap hasil belajar kognitif (3) pengaruh penerapan strategi SETS berbantuan blended learning terhadap hasil belajar afektif (4) pengaruh penerapan strategi SETS berbantuan blended learning terhadap produk dan (5) hubungan antara SDL dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu dengan kuasinone equivalent control design. Subjek penelitian adalah mahasiswa peserta matakuliah Kimia Lingkungan kelas A dan kelas B semester VIII IKIP Mataram. Data penelitian ini adalah meliputi tiga komponen SDL yaitu manajemen diri minat dalam belajar dan kontrol diri yangmenggunakan pengukuran skala Likert dan di analisis dengan uji t. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif yang dikumpulkan melalui tes obyektif yang terdiri dari 25 soal obyektif dan 5 soal essay dengan validitas isi sebesar 78%. Reliabilitas dihitung menggunakan bantuan SPSS 21 for windows dengan cronbach s alfa 0 697. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan SDL antara kelas yang dibelajarkan dengan strategi SETS berbantuan blended learning dengan kelas yang dibelajarkan dengan strategi ceramah berbantuan blended learning (2) ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif antara kelas yang dibelajarkan dengan strategi SETS berbantuan blended learning dan kelas yang dibelajarkan dengan starategi ceramah berbantuan blended learning (3)ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif antara kelas yang dibelajarkan dengan strategi SETS berbantuan blended learning dan kelas yang dibelajarkan dengan starategi ceramah berbantuan blended learning (4)ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif antara kelas yang dibelajarkan dengan strategi SETS berbantuan blended learning dan kelas yang dibelajarkan dengan starategi ceramah berbantuan blended learning (5)terdapat hubungan yang kuat antara SDL dan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan startaegi SETS berbantuan blended learingSedangkan pada kelas yang dibelajarkan dengan strategi ceramah berbantuan blended learning tidak terdapat hubungan yang kuat antara SDL dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60100

Actions (login required)

View Item View Item