Keefektifan strategi blended learning berbasis Community Of Inquiry (COI) ditinjau dari prestasi belajar mahasiswa pada materi kimia analisis kuantitatif / Mohammad Alex Firdaus - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan strategi blended learning berbasis Community Of Inquiry (COI) ditinjau dari prestasi belajar mahasiswa pada materi kimia analisis kuantitatif / Mohammad Alex Firdaus

Firdaus, Mohammad Alex (2015) Keefektifan strategi blended learning berbasis Community Of Inquiry (COI) ditinjau dari prestasi belajar mahasiswa pada materi kimia analisis kuantitatif / Mohammad Alex Firdaus. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firdaus Mohammad Alex. 2015. Keefektifan Strategi Blended Learning Berbasis Community of Inquiry (CoI) Ditinjau Dari Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Materi Kimia Analisis Kuantitatif. Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Surjani Wonorahardjo Ph.D. (2) Dr. Munzil Arif S.Pd. M.Si. Kata Kunci blended learning Community of Inquiry (CoI) prestasi belajar. Tujuan dari pembelajaran kimia tidak hanya pada peningkatan kualitas pengembangan bahan ajar kegiatan laboratorium dan penerapan penilaian otentik tetapi juga pada strategi pengajaran dan aktivitas sosial peserta didik di dalam kelas. Peningkatan aktivitas sosial peserta didik dimaksudkan untuk memaksimalkan pemahaman terhadap materi ajar. Hal ini dapat dilaksanakan dengan pembelajaran berbasis inkuiri khususnya inkuiri kolaboratif. Upaya memaksimalkan inkuiri kolaboratif dapat dilakukan dengan membentuk komunitas belajar. Komunitas belajar dalam hubungannya dengan inkuiri dikenal dengan istilah Community of Inquiry (CoI). CoI diharapkan tidak hanya diciptakan di dalam kelas tetapi juga di luar kelas. Upaya untuk menciptakan bahkan sampai dengan mempertahankan pembelajaran berbasis CoI di luar kelas dapat dilakukan dengan blended learning. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui efektifitas strategi blended learning dalam menciptakan CoI ditinjau dari interaksi peserta didik dalam diskusi online 2) mengetahui efektifitas strategi blended learning dalam menciptakan CoI ditinjau dari hasil pretest dan posttest peserta didik dan 3) mengetahui prestasi belajar peserta didik pada materi Analisis Kuantitatif setelah dibelajarkan dengan strategi blended learning berbasis CoI. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Instrumen penelitian berupa instrument perlakuan dan pengukuran. Instrumen perlakuan berupa silabus RPP LKM dan media online. Sedangkan instrumen pengukuran berupa tes prestasi belajar berupa tes subjektif. Total tes subjektif adalah 20 soal dengan validitas isi sebesar 85 94% dan reliabilitas sebesar 0 883. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat konsistensi antara interaksi bermakna peserta didik dalam forum diskusi dengan konten. Interaksi bermakna dalam forum diskusi dan konten merupakan bagian dari proses pembelajaran untuk menunjang keberhasilan blended learning dalam menciptakan CoI pada materi Analisis Kuantitatif. Konsistensi tersebut merefleksikan hubungan antara unsur sosial pengajaran dan kognitif. Blended learning berbasis CoI dalam penelitian ini dilaksanakan melalui empat tahap pembelajaran yaitu pemicu eksplorasi integrasi dan resolusi. Diketahui bahwa tahap eksplorasi dan resolusi lebih dominan dibandingkan tahap yang lainnya. (2) terdapat konsistensi nilai rata-rata pretest dan posttest untuk tiap materi pada materi Analisis Kuantitatif. Selain itu terdapat konsistensi antara nilai ternormalisasi rata-rata pretest dan posttest dengan hasil interaksi peserta didik dalam forum diskusi dan konten. (3) berdasarkan pada data prestasi belajar disimpulkan bahwa peserta didik memiliki tingkat pemahaman yang baik untuk setiap materi pada Analisis Kuantitatif baik dari segi konseptual maupun algoritmik. Dalam penelitian ini diketahui bahwa sebanyak 34 peserta didik (89 47%) dinyatakan lulus sedangkan peserta didik yang tidak lulus berjumlah 4 (10 53%).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60098

Actions (login required)

View Item View Item