Purnamasari, Ratih (2015) Pengaruh mind mapping dalam pembelajaran model jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sifat koligatif larutan / Ratih Purnamasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Purnamasari Ratih. 2015. Pengaruh Mind Mapping dalam Pembelajaran Model Jigsaw terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat Koligatif Larutan. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Subandi M.Si (2) Drs. I Wayan Dasna M.Si M.Ed Ph.D. Kata Kunci Mind Mapping Motivasi Belajar Hasil Belajar Jigsaw Sifat Koligatif Larutan Sifat koligatif larutan merupakan salah satu materi kimia di SMA yang melibatkan konsep-konsep abstrak maupun konkrit. Materi tersebut juga berisi unsur-unsur algoritmik dan konstektual. Pada materi ini siswa lebih banyak menghafal daripada memahami konsep secara utuh. Model pembelajaran kooperatif jigsaw sesuai untuk diterapkan pada materi ini. Penggabungan setiap konsep pada materi ini memerlukan media yang dapat memudahkan siswa untuk mengingat dan menyampaikan informasi yang ada secara utuh. Salah satu media yang mampu memenuhi maksud tersebut adalah catatan bermakna yang disebut mind map. Mind map dapat digunakan untuk membangkitkan ide dan kreatifitas memperbaiki memori membangun konsep dan ide membantu mengilustrasikan informasi menghubungkan informasi yang acak dan menyusun kembali ide-ide dengan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji perbedaaan penggunaan mind mapping terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dibandingkan mencatat biasa dalam pembelajaran model jigsaw pada materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimental the static group comparison design dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPA di SMA Laboratorium UM. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster sampling menggunakan dua kelas yang mempunyai kemampuan awal sama yaitu kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model jigsaw berbantuan mind mapping dan kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model jigsaw berbantuan mencatat biasa. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi 36 item tes hasil belajar 25 soal dan data hasil catatan siswa. Validitas angket motivasi adalah 91 1% dan untuk soal tes 92 7% dengan kategori isi sangat valid. Perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa dikedua kelas diuji statistik dengan uji-t pada taraf kepercayaan 95% ( 945 0 05). Hasil penelitian pada pembelajaran materi sifat koligatif larutan menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa pada pembelajaran model jigsaw berbantuan mind mapping (skor rata-rata 72 40) tidak berbeda dibandingkan dengan mencatat biasa/non mind mapping (skor rata-rata 71 59). Hal ini didukung oleh tingkat hubungan yang sama-sama cukup dan searah antara nilai mind map siswa dengan motivasi belajar (r 0 41) dan nilai catatan biasa dengan motivasi belajar siswa (r 0 42). (2) hasil belajar siswa pada pembelajaran model jigsaw berbantuan mind mapping (skor rata-rata 74 80) ada beda dibandingkan dengan model jigsaw berbantuan mencatat biasa/non mind mapping (skor rata-rata 64 75). Hal ini juga didukung oleh adanya hubungan yang kuat dan searah antara nilai mind map siswa dengan hasil belajar (r 0 71) sedangkan hubungan antara nilai catatan biasa dengan hasil belajar siswa hanya pada kategori cukup meskipun searah (r 0 31).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/60096 |
Actions (login required)
View Item |