Pengembangan Bahan ajar IPA topik perubahan benda-benda di sekitar kita berdasarkan pendekatan pogil dalam bentuk komik untuk siswa SMP/MTs Kelas VII dan keefektifannya ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar siswa / Ferly Rominalisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Bahan ajar IPA topik perubahan benda-benda di sekitar kita berdasarkan pendekatan pogil dalam bentuk komik untuk siswa SMP/MTs Kelas VII dan keefektifannya ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar siswa / Ferly Rominalisa

Rominalisa, Ferly (2015) Pengembangan Bahan ajar IPA topik perubahan benda-benda di sekitar kita berdasarkan pendekatan pogil dalam bentuk komik untuk siswa SMP/MTs Kelas VII dan keefektifannya ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar siswa / Ferly Rominalisa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rominalisa Ferly. 2015. Pengembangan Bahan Ajar IPA Topik Perubahan Benda-Benda di Sekitar Kita Berdasarkan Pendekatan POGIL dalam Bentuk Komik untuk Siswa SMP/MTs Kelas VII dan Keefektifannya Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Tesis Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Effendy M.Pd. Ph.D. (II) Dr. Fauziatul Fajaroh M.S. Kata-kata kunci pengembangan pendekatan POGIL komik perubahan benda-benda di sekitar kita hasil belajar motivasi belajar Salah satu topik dalam mata pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama Kelas VII adalah Perubahan Benda-Benda di Sekitar Kita . Konsep-konsep yang terdapat dalam topik ini antara lain sifat intensif zat sifat ekstensif zat perubahan fisika perubahan kimia ciri-ciri reaksi kimia dan persamaan reaksi kimia. Hasil kajian terhadap buku-buku yang digunakan dalam pembelajaran IPA untuk siswa kelas VII semester I menunjukkan bahwa buku-buku tersebut belum menyajikan topik tersebut dengan pendekatan konstruktivistik dan belum mengintegrasikan pendidikan karakter. Pembelajaran dengan pendekatan konstruktivistik dan pengintegrasian karakter dalam pembelajaran adalah amanah dari Kurikulum 2013. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang menggunakan pendekatan konstruktivistik dan pengintegrasian karakter. Permasalahan tersebut tampaknya dapat diatasi dengan tersedianya bahan ajar yang disusun berdasarkan pendekatan POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) karena dengan pendekatan tersebut siswa mengkonstruk konsep-konsep yang mereka pelajari dengan bantuan minimal dari guru. Di samping itu bahan ajar tersebut harus menarik. Bahan ajar dalam bentuk komik merupakan salah satu alternatif pilihan karena komik melibatkan otak kanan dan otak kiri serta dapat menciptakan suasana fun dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar topik Perubahan Benda-Benda di Sekitar Kita berdasarkan pendekatan POGIL dalam bentuk komik untuk siswa SMP/MTs kelas VII (2) menguji kelayakan dari bahan ajar (3) menguji keefektifan bahan ajar ditinjau dari hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan rancangan pengembangan 3P (Pra Produksi Produksi dan Penilaian). Model Pengembangan ini dimodifikasi dari model pengembangan komik oleh Kim. Jang. Shin. Kim S. Yoo Chung (2012) dan model 4D oleh Thiagarajan S. Dorothy S. Melvyn I. Semmel (1974). Modifikasi model pengembangan dari kedua model tersebut dilakukan karena dalam model 4D tidak terdapat tahapan pembuatan komik sehingga diperlukan model pengembangan khusus untuk membuat komik. Pengujian bahan ajar yang dikembangkan meliputi uji kelayakan dan keefektifan. Uji kelayakan meliputi kelayakan isi bahasa dan penyajian. Uji kelayakan dilakukan menggunakan instrumen penilaian bahan ajar yang dimodifikasi dari instrumen penilaian bahan ajar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Uji keefektifan dilakukan berdasarkan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah dan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar dalam bentuk komik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar narasi. Data hasil belajar kognitif siswa dikumpulkan menggunakan test kognitif yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda dengan validitas isi 83% dan koefisien reliabilitas dihitung dengan Cronbach s Alpha sebesar 0 88. Skor hasil belajar kognitif diuji menggunakan uji- t. Keefektifan bahan ajar yang dikembangkan juga diuji berdasarkan motivasi belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner SMTSL (Student Motivation Toward Science Learning) yang terdiri dari 35 butir pertanyaan dengan validitas isi 83% dan koefisien reliabilitas dihitung dengan Cronbach s Alpha sebesar 0 97. Hasil pengembangan berupa bahan ajar topik Perubahan Benda-Benda di Sekitar Kita dalam bentuk komik yang terdiri dari 57 halaman. Bahan ajar ini menyajikan topik ini berdasarkan pendekatan POGIL melalui proses tanya jawab antara profesor dan siswa. Penilaian oleh validator menghasilkan 91 3 kelayakan isi 91 7 kelayakan bahasa 86 4 kelayakan penyajian dan 87 1 kelayakan grafis. Berdasarkan hasil tersebut bahan ajar yang dikembangkan dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran topik Perubahan Benda-Benda di Sekitar Kita . Uji-t untuk menguji keefektifan bahan ajar menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar komik hasil pengembangan memiliki skor hasil belajar kognitif dan skor motivasi lebih tinggi dan berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar narasi. Sedangkan uji keefektifan berdasarkan acuan KKM menunjukkan 73% siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian perlu dilakukan evaluasi dan perbaikan lebih lanjut untuk pemakaian bahan ajar komik kimia dalam lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60091

Actions (login required)

View Item View Item