Hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 6 Malang pada pembelajaran laju reaksi secara inkuiri terbimbing kooperatif dan inkuiri terbimbing mandiri / Rista Rahmaniyah Yansi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 6 Malang pada pembelajaran laju reaksi secara inkuiri terbimbing kooperatif dan inkuiri terbimbing mandiri / Rista Rahmaniyah Yansi

Yansi, Rista Rahmaniyah (2015) Hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMAN 6 Malang pada pembelajaran laju reaksi secara inkuiri terbimbing kooperatif dan inkuiri terbimbing mandiri / Rista Rahmaniyah Yansi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yansi Rista Rahmaniyah. 2015. Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMAN 6 Malang pada Pembelajaran Laju Reaksi Secara Inkuiri Terbimbing Kooperatif dan Inkuiri Terbimbing Mandiri. Tesis. Jurusan Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (II) Dr. H. Sutrisno M.Si. Kata Kunci Inkuiri terbimbing kooperatif keterampilan proses sains laju reaksi. Pembelajaran kimia harus memperhatikan karakteristik ilmu kimia sebagai produk dan proses. Pembelajaran yang memperhatikan karakteristik kimia sebagai proses dilakukan dengan cara mengembangkan keterampilan-keterampilan siswa sebagai penemu atau memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar kimia sebagaimana kimiawan belajar. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan inkuiri terbimbing kooperatif dan inkuiri terbimbing mandiri. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebanyak 30 siswa dan XI MIA 4 sebanyak 32 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) seperangkat tes hasil belajar kognitif dan seperangkat tes keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah kausal komparatif. Data penelitian ini adalah hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar kognitif secara inkuiri terbimbing kooperatif lebih tinggi (75 2) daripada inkuiri terbimbing mandiri (69 2). (2) Keterampilan proses sains secara inkuiri terbimbing kooperatif lebih rendah daripada inkuiri terbimbing mandiri. (3) Keterampilan proses sains siswa kelas inkuiri terbimbing kooperatif yang tergolong baik meliputi aspek mengobservasi (81 3%) mengklasifikasi (81 3%) menemukan hubungan (89 1%) merumuskan hipotesis (98 4%) merancang eksperimen (92 2%) dan menginterpretasikan data (95 3%). Keterampilan proses sains siswa kelas inkuiri terbimbing kooperatif yang tergolong cukup meliputi aspek menyimpulkan (66 6%) dan menentukan variabel (37 5%) sedangkan yang tergolong kurang adalah aspek mengukur (1 6%). Keterampilan proses sains siswa kelas inkuiri terbimbing mandiri yang tergolong baik meliputi aspek mengobservasi (95%) mengklasifikasi (91 7%) menyimpulkan (84 2%) merumuskan hipotesis (95%) merancang eksperimen (91 7%) dan menginterpretasikan data (98 3%). Keterampilan proses sains siswa kelas inkuiri terbimbing mandiri yang tergolong cukup meliputi aspek menemukan hubungan (63 3%) dan menentukan variabel (45%) sedangkan yang tergolong kurang adalah aspek mengukur (13 3%).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60090

Actions (login required)

View Item View Item