Analisis unsur afektif dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Meri 1 Kota Mojokerto / Vemi Eliaristi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis unsur afektif dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Meri 1 Kota Mojokerto / Vemi Eliaristi

Eliaristi, Vemi (2015) Analisis unsur afektif dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Meri 1 Kota Mojokerto / Vemi Eliaristi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Eliaristi Vemi. 2015. Analisis Unsur Afektif dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Meri I Kota Mojokerto. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd (II) Muh. Arafik S.Pd M.Pd. Kata Kunci Unsur afektif mengarang karangan narasi Pembelajaran menulis sangat penting dilaksanakan di sekolah dasar karena menulis dapat mengembangkan kreativitas siswa dalam berimajinasi. Melalui menulis siswa dapat mengungkapkan ide gagasan atau tanggapan tentang suatu peristiwa. Secara umum pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar bertujuan agar siswa memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan aturan yang berlaku baik secara lisan maupun tulis menghargai bahasa sendiri bangga terhadap bahasa sendiri memahami dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta santun dan mengembangkan kreativitas berbahasa melalui karya sastra anak. Mengingat pendidikan karakter semakin gencar ditekankan dalam pembelajaran dan salah satunya lewat tulisan berupa karangan siswa di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pertimbangan kurikulum yang menekankan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui pembelajaran. Salah satunya ada dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan membuat karangan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya unsur afektif dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Meri I Kota Mojokerto. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian kajian isi. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data menggunakan teknik kuesioner dan teknik dokumentasi berupa karangan narasi. Setelah data terkumpul data direduksi dan disajikan untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur siswa kelas V SDN Meri I Kota Mojokerto menggunakan unsur afektif dalam karangannya. Unsur afektif yang dimunculkan siswa meliputi religius (Rel) tanggung jawab (Tja) peduli lingkungan (Pdl) peduli sosial (Pds) kerja sama (Kes) tolong menolong (Tom) dan sikap lainnya (Ssl) yaitu rasa ingin tahu. Unsur afektif yang paling banyak muncul yaitu peduli lingkungan (Pdl) dan unsur afektif yang paling sedikit muncul yaitu kerja sama (Kes). Ada beberapa siswa yang tidak memunculkan unsur afektif dalam karangannya. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 32 siswa yang memunculkan unsur afektif dalam karangan narasinya. Disarankan guru lebih banyak memberikan latihan menulis dengan memperhatikan unsur afektif khususnya pada tema atau topik bahasan seperti bencana alam dan sejenisnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6009

Actions (login required)

View Item View Item