Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Inma Yunita Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Inma Yunita Setyorini

Setyorini, Inma Yunita (2015) Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Inma Yunita Setyorini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyorini Inma Yunita. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Subandi M.Si. (II) Dr. Aman Santoso M.Si. Kata Kunci Inkuiri terbimbing Hidrolisis Motivasi belajar Kemampuan berpikir tingkat tinggi Ilmu kimia mempunyai banyak konsep yang bersifat abstrak dan umumnya sulit untuk dipahami oleh siswa. Ilmu kimia tidak hanya memiliki konsep-konsep yang rumit tetapi juga membutuhkan keterampilan matematika untuk menyelesaikan soal-soal. Materi yang dianggap sulit oleh siswa salah satunya adalah hidrolisis. Materi hidrolisis selain bersifat konseptual juga bersifat algoritmik yang memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk memahaminya. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa akan dapat dicapai melalui penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Tahap pembuatan hipotesis dalam langkah-langkah pembelajaran ikuiri terbimbing dapat didukung oleh kemampuan logika deduktif siswa. Oleh sebab itu akan diteliti pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi aspek pemahaman konseptual dan algoritmik serta kemampuan logika deduktif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 6 Malang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang telah diuji kesetaraannya. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan strategi inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan strategi ekspositori. Instrumen perlakuan terdiri dari silabus RPP handout LKS dan kuis sedangkan instrumen pengukuran terdiri dari angket motivasi soal tes pemahaman konseptual dan algoritmik serta soal kemampuan logika deduktif yang telah divalidasi dengan tingkat validitas masing-masing sebesar 96 97 dan 98% dan nilai reliabilitas masing-masing sebesar 0 929 0 900 dan 0 810. Perbedaan motivasi belajar pemahaman konseptual dan algoritmik serta kemampuan logika deduktif kedua kelas diuji dengan uji MANOVA. Hasil penelitian pada pembelajaran materi hidrolisis di kelas XI SMAN 6 Malang menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi inkuiri terbimbing (x 773 137 6) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori(x 773 125 9) (2) ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori. Pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik siswa yang dibelajarkan dengan strategi inkuiri terbimbing (x 773 9 5 dan x 773 7 1) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (x 773 8 9 dan x 773 6 7). Kemampuan logika deduktif siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (x 773 9 8) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (x 773 8 7).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60089

Actions (login required)

View Item View Item