Problematika penerapan buku panduan guru kelas V di Sekolah Dasar Gugus VIII Kecamatan Blimbing Kota Malang / Rischa Dwi Khurotul A'in - Repositori Universitas Negeri Malang

Problematika penerapan buku panduan guru kelas V di Sekolah Dasar Gugus VIII Kecamatan Blimbing Kota Malang / Rischa Dwi Khurotul A'in

A'in, Rischa Dwi Khurotul (2015) Problematika penerapan buku panduan guru kelas V di Sekolah Dasar Gugus VIII Kecamatan Blimbing Kota Malang / Rischa Dwi Khurotul A'in. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A in Rischa Dwi Khurotul. 2015. ProblematikaPenerapan Buku Panduan Guru Kelas V di Sekolah Dasar Gugus VIIIKecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata Kunci problematikapenerapan buku panduan guru kelas V SD Pada kurikulum 2013 pemerintah menerbitkan buku yang dijadikan acuan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran. Buku tersebut merupakan buku panduan guru dengan model pembelajaran tematik terpadu. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SD Gugus VIII Kecamatan Blimbing ditemukan bahwa guru belum memahami pembelajaran tematik yang ada di buku panduan. Guru juga masih mengalami kesulitan dalam menerapkan buku panduan guru. Pada pendekatan saintifik tidak semua kegiatan dilakukan guru hanya mengambil kegiatan yang memenuhi indikator. Pada saat melakukan penilaian guru mengalami kesulitan karena terlalu banyak siswa dan penilaian proses yang dilakukan banyak kriteria. Tujuanpenelitiandalam skripsi ini antara lain (1)mendeskripsikan permasalahan guru pada saat membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai buku panduan guru (2) mendeskripsikan permasalahan guru pada saat pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifik sesuai di buku panduan guru (3) mendeskripsikan permasalahan melakukan penilaian yang sesuai buku panduan guru. Penelitianinimerupakanpenelitiandeskripitif kualitatif.Subjekpenelitianpadapenelitianiniyaitu guru kelas V SD di GugusVIIIKecamatanBlimbing.Prosedur pengumpulan data penilitian ini berupa angket wawancara dan dokumentasi. Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) Ketikamembuatperencanaan gurumenjumpaiproblemaantara lainmerumuskantujuanpembelajaranterutamadalammenyantumkanunsurD (Degree) menuliskan semua kriteria penilaian dantidaklengkapnya guru dalammenuliskankomponen RPP berupapenilaian dan kegiatan penutup.(3) Problema yang dijumpai guru ketikamelaksanakanpembelajaran tematik terpadu dengan pendekatan saintifikyaituguru mengalamikesulitandalamhalmenerapkan semua pendekatan saintifik yang ada di buku panduan guru dan melakukan kegiatan penutup.(4) Problema yang dijumpai guru ketikamemberikanpenilaianpembelajaranyaitumenuliskan semua kriteria penilaian memberikan penilaiansikap kepada siswa. Berdasarkantemuandanhasilpenelitiantersebutmakadapatdisimpulkanbahwa guru kurangmemahamibuku panduan gurusehingga guru masihmengalamiproblema. Olehkarenaitu disarankankepadaguru untukmembacatata cara penggunaan buku panduan guru danbagiDinasPendidikansetempatuntukmengadakanpelatihantentangpenerapan buku panduan guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6008

Actions (login required)

View Item View Item