Pengaruh representasi mikroskopik dinamik dan statik melalui strategi react terhadap hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa pada materi elektrokimia / Ferry Budi Prasetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh representasi mikroskopik dinamik dan statik melalui strategi react terhadap hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa pada materi elektrokimia / Ferry Budi Prasetya

Prasetya, Ferry Budi (2015) Pengaruh representasi mikroskopik dinamik dan statik melalui strategi react terhadap hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa pada materi elektrokimia / Ferry Budi Prasetya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prasetya Ferry Budi. 2015. Pengaruh Representasi Mikroskopik Dinamik dan Statik melalui Strategi REACT terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Materi Elektrokimia.Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Subandi M.Si. (II) Dr. Munzil M.Si. Kata-kata kunci representasi mikroskopik strategi REACT hasil belajar kognitif hasil belajar kognitif tingkat tinggi motivasi belajar Materi elektrokimia memiliki karakteristik yang abstrak konseptual algoritmik danaplikatif.Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan bahkan miskonsepsi dalam mempelajari materi elektrokimia.Hal ini diakibatkan mahasiswa masih belum memiliki kemampuan yang baik dalam menjelaskan konsep-konsep elektrokimia pada aspek mikroskopik.Ketidakmampuan mahasiswa tersebut diduga akibat pembelajaran kimia yang cenderung lebih menekankan pada aspek makroskopik dan simbolik dibandingkan dengan aspek mikroskopik. Penggunaan gambaran mikroskopik yang direpresentasikan secara dinamik (animasi) atau statik (gambar statik) diduga dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa pada materi elektrokimia.Penggunaan representasi mikroskopik dinamik dan statik diduga lebih efektif jika diterapkan melalui strategi REACT. Penerapan strategi REACT-Mikroskopik Dinamik (REACT-MD) dan strategi REACT-MikroskopikStatik (REACT-MS) diharapkandapatmelatih mahasiswa untuk aktif mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan mendorong mahasiswamengaitkan dan memanfaatkan pengetahuannya dalam konteks kehidupan sehari-hari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan (1) hasil belajar kognitif (2) hasil belajar kognitif tingkat tinggi dan (3) motivasi belajar antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT-MD dan strategi REACT-MS pada materi elektrokimia. Penelitian ini menggunakan rancangan postest only non-equivalent control group design. Subyek penelitian adalah dua kelas homogen dari enam kelas di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang angkatan 2012 yang ditentukan secaracluster random sampling.Dua kelas tersebut adalah kelas B dan kelas H yang masing-masing berjumlah 30 mahasiswa.Kelas B dibelajarkan dengan strategi REACT-MD dan kelas H dibelajarkan dengan strategi REACT-MS. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif hasil belajar kognitif tingkat tinggi dan motivasi belajar. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes kognitif yang terdiri dari 17 soal pilihan ganda dan 10 soal esai dengan validitas isi berturut-turut sebesar 95 6% dan 90% sedangkan reliabilitas soal tes yang diperoleh dari rumus Alpha Cronbachberturut-turut sebesar 0 71 dan 0 75. Hasil belajar kognitif tingkat tinggi diukur menggunakansoal dari tes kognitif dengan aspek intelektual C4 C5 dan C6 menurut taksonomi Bloom yang terdiri dari 11 soal pilihan ganda dan 6 soal esai. Motivasi belajar diukur menggunakan angket Students Motivation Towards Science Learning (SMTSL) hasil pengembangan dari Tuan dkk. (2005) yang telah dialihbahasakan. Angket SMTSL terdiri dari 35 butir pernyataan dengan reliabilitas angket yang diperoleh dari rumus Alpha Cronbachsebesar 0 88. Data penelitian dianalisis melalui Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan taraf signifikan 945 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran elektrokimia (1) strategi REACT-MD memberikan hasil belajar kognitif yang lebih baik daripada strategi REACT-MS dengan rerata skor masing-masing adalah 58 6 dan 43 1 (2) strategi REACT-MD memberikan hasil belajar kognitif tingkat tinggi yang lebih baik daripada strategi REACT-MS dengan rerata skor masing-masing adalah 57 6 dan 40 7 dan (3) strategi REACT-MD dan strategi REACT-MS memberikan pengaruh yang sama terhadap motivasi belajar dengan rerata skor masing-masing adalah 76 9 dan 75 1.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60079

Actions (login required)

View Item View Item