Pengaruh strategi problem solving berbantuan web based learning dalam pembelajaran materi zat aditif makanan terhadap hasil belajar dan kemampuan self-directed learning siswa kelas VIII SMP/MTs / Enny Musfirah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi problem solving berbantuan web based learning dalam pembelajaran materi zat aditif makanan terhadap hasil belajar dan kemampuan self-directed learning siswa kelas VIII SMP/MTs / Enny Musfirah

Musfirah, Enny (2015) Pengaruh strategi problem solving berbantuan web based learning dalam pembelajaran materi zat aditif makanan terhadap hasil belajar dan kemampuan self-directed learning siswa kelas VIII SMP/MTs / Enny Musfirah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Musfirah Enny. 2015. PengaruhStrategi Problem Solving Berbantuan Web Based Learning dalamPembelajaranMateriZatAditifMakananTerhadapHasilBelajardanKemampuan Self-Directed Learning SiswaKelas VIII SMP/MTs.Tesis Pendidikan Kimia Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra. SurjaniWonorahardjo Ph.D (II) Dr. Munzil S.Pd M.Si. Kata kunci StrategiProblem Solving Web Based Learning ZatAditifMakanan HasilBelajar Kemampuan Self-Directed Learning. Salah satumateridalampembelajaran IPA di SMP/MTs adalahzataditifmakanan.Pembelajaranzataditifmakanan yang hanyadisampaikandenganmetodeceramahmenyebabkansiswakurangantusiasdankurangterlibataktifdalampembelajaransehinggasiswakurangtanggapdalammemecahkanmasalahberkaitandenganzataditifmakanan yang biasanyasiswakonsumsihampirsetiaphari.Hal inijugaterjadikarenaminimnyaalokasiwaktu yang disediakanuntukpembelajaran di kelasdansumberbelajar yang terbatas.Siswahanyabelajardaribukutekssehinggahasilbelajarsiswarendah wawasansiswakurangberkembangdansiswakurangberminatdalammengikutipelajaran.PenggunaanstrategiProblem Solving berbantuanWeb Based Learning diharapkandapatmengatasikendala kendaladalampembelajaranmaterizataditifmakanan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui 1) perbedaanhasilbelajarsiswaKelas VIII SMP/MTs denganpenerapanstrategiProblem SolvingberbantuanWeb Based Learningantarakelas yang menggunakanedmododankelas yang menggunakanblogdalampembelajaranmateriZatAditifMakanan 2) tingkatkemampuanSelf Directed Learning siswadenganpenerapanstrategiProblem SolvingberbantuanWeb Based Learningmenggunakan media EdmododanBlog dan 3) hubungankemampuanSelf Directed Learning denganhasilbelajarsiswa. Rancangandalampenelitianiniadalaheksperimentalsemumenggunakanposttest only nonequivalent control group design.Populasipenelitianadalahsiswakelas VIII SMPN 4 Malang semester ganjiltahunpelajaran 2014/2015.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah penarikan sampel acak berkelompok (random sampling). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol (siswadibelajarkandenganstrategiProblem SolvingberbantuanBlog)dankelaseksperimen (siswadibelajarkandenganstrategiProblem SolvingberbantuanEdmodo). Instrumen yang digunakanmeliputiRPP handout LKS media online tes dan angket.Dari uji coba soal tes hasil belajar diambil 20 butir soal valid dengan reliabilitas sebesar 0 90. Analisis data yang digunakan meliputi uji statistik dan uji korelasional dengan taraf sig. 945 0.05. Hasil penelitian menunjukkan 1) adaperbedaanhasilbelajarsiswaKelas VIII SMP/MTs denganpenerapanstrategiProblem SolvingberbantuanWeb Based Learningantarakelas yang menggunakanedmododankelas yang menggunakanblogdalampembelajaranmateriZatAditifMakanan 2) tidakadaperbedaantingkatkemampuanSelf Directed Learning siswadenganpenerapanstrategiProblem SolvingberbantuanWeb Based Learning menggunakan media EdmododanBlog 3) adahubungan yang positifantarakemampuanSelf Directed Learningdenganhasilbelajarsiswa.SemakintinggikemampuanSelf Directed Learningsiswamakahasilbelajarnyajugaakansemakinmeningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60077

Actions (login required)

View Item View Item