Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar siswa dengan pengetahuan proses ilmiah berbeda untuk pembelajaran di SMK / Sri Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar siswa dengan pengetahuan proses ilmiah berbeda untuk pembelajaran di SMK / Sri Hidayati

Hidayati, Sri (2015) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar siswa dengan pengetahuan proses ilmiah berbeda untuk pembelajaran di SMK / Sri Hidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayati Sri. 2015. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Keterampilan Proses Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dengan Pengetahuan Proses Ilmiah Berbeda Untuk Pembelajaran di SMK. UM. Tesis Jurusan Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Suhadi Ibnu M.A. Ph.D. (2) Dr. Hj. Fauziatul Fajaroh M.Si. Kata-kata kunci pembelajaran berbasis masalah (PBM) pengetahuan tentang proses ilmiah keterampilan proses ilmiah Pembelajaran berbasis masalah (PBM) sangat sesuai diterapkan dalam pembelajaran di SMK untuk melatih keterampilan proses ilmiah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan 1) perbedaan pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran verifikasi 2) perbedaan pengetahuan tentang proses ilmiah terhadap keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar siswa serta 3) perbedaan keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar siswa akibat interaksi antara strategi pembelajaran dengan pengetahuan tentang proses ilmiah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimen semu versi faktorial 2x2. Subjek penelitian melibatkan 32 siswa kelas XI KA 1 dan 36 siswa kelas XI KA 2 SMKN 1 Pasuruan tahun ajaran 2014/2015. Data penelitian berupa pengetahuan tentang proses ilmiah yang diperoleh dari hasil tes tentang keterampilan proses ilmiah keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar siswa. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari tes kognitif. Sedangkan data keterampilan proses ilmiah data hasil belajar afektif dan psikomotor didapatkan dari hasil pengamatan. Seluruh data penelitian dianalisis menggunakan uji manova. Semua instrumen divalidasi isi sebelum digunakan. Realibilitas tes tentang keterampilan proses ilmiah sebesar 0 99 dan tes kognitif sebesar 0 92. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah (PBM) mempunyai nilai rata-rata keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar (kognitif afektif dan psikomotor) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan verifikasi. Selain itu siswa dengan pengetahuan tinggi tentang proses ilmiah mempunyai rata-rata skor keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mempunyai pengetahuan rendah tentang proses ilmiah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan keterampilan proses ilmiah dan hasil belajar siswa akibat interaksi antara strategi pembelajaran dan pengetahuan tentang proses ilmiah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60075

Actions (login required)

View Item View Item