Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi ditinjau dari perbedaan kemampuan berpikir ilmiah / Ika Ambarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi ditinjau dari perbedaan kemampuan berpikir ilmiah / Ika Ambarwati

Ambarwati, Ika (2015) Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing disertai peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi ditinjau dari perbedaan kemampuan berpikir ilmiah / Ika Ambarwati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ambarwati Ika. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Berpikir Ilmiah.Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Srini M. Iskandar M.Sc. Ph.D. (2) Dr. Hj. Endang Budiasih M.S. Kata kunci inkuiri terbimbing peta konsep berpikir ilmiah hasil belajar Karakteristikmaterilajureaksisangatkompleks karenadidalamnyaterdapatkonsepkonkret abstrak meliputiperhitungan dangrafik. Inkuiriterbimbingmerupakansalahsatustrategipembelajaran yang memberikankesempatanpadasiswauntukaktifdalampembelajaran. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui (1) pengaruhstrategipembelajaraninkuiriterbimbingdisertaipetakonsepterhadaphasilbelajarsiswa (2) pengaruhkemampuanberpikirilmiahsiswayang berbedaterhadaphasilbelajarsiswa dan (3) interaksiantaraperlakuanyaitustrategipembelajaraninkuiriterbimbingdisertaipetakonsepdengankemampuanberpikirilmiahterhadaphasilbelajarsiswapadamaterilajureaksi. Penelitianinimenggunakandisaineksperimensemu denganrancanganfaktorial 2x3. Sampelpenelitianadalahsiswakelas XI MIA SMA Negeri 3 Mojokertotahunajaran 2014-2015.Kelaseksperimendibelajarkandenganstrategiinkuiriterbimbingdisertaipetakonsep sedangkankelaskontroldibelajarkandenganinkuiriterbimbingtanpapetakonsep. Berdasarkanskor KBI kemudiandilakukanmatch sampleantarakelaseksperimendankontrol yang terdiridari 9 pasangansiswapada level concrete 9 pasangansiswapada level low formal dan 10 pasangansiswapada level upper formal. Kemampuanberpikirilmiahdiukurdenganinstrumenyangdikembangkanoleh Lawson edisirevisitahun 2000. Hasilbelajarkognitifsiswadiukurdengantesberbentukpilihangandasebanyak 25butirsoal. Teshasilbelajarkognitiftersebutmempunyaivaliditasisisebesar 90%. Reliabilitastesdihitungmenggunakanrumus K-R 20 dengankoefisienkorelasisebesar 0 85.UjihipotesispenelitiandilakukandenganmenggunakanujiAnovaduajalur (two-way ANOVA). Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) hasilbelajarsiswa yang dibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuiriterbimbingdisertaipetakonsep (nilai rata-rata 80 3) lebihtinggidibandingkansiswa yang dibelajarkandenganinkuiriterbimbingtanpapetakonsep(nilai rata-rata 75 7) (2) hasilbelajarsiswa yang dibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuiriterbimbingdisertaipetakonseppadamasing-masing level rata-rata nilailebihtinggiyaituupper formalsebesar 86 8 low formalsebesar 80 9 danconcretesebesar 72 4 dibandingkansiswa yang dibelajarkandenganinkuiriterbimbingtanpapetakonsepyaituupper formalsebesar 85 2 low formalsebesar 74 7 danconcretesebesar 66 2 dan (3) tidakadainteraksiantaraperlakuanyaitustrategipembelajaraninkuiriterbimbingdisertaipetakonsepdengankemampuanberpikirilmiahsiswaterhadaphasilbelajarsiswapadamaterilajureaksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/60074

Actions (login required)

View Item View Item